Kamu pun juga bisa berhemat!

"

Ngaku deh, seberapa sering kita menjumpai bahan makanan yang sudah tidak segar atau lewat tenggat waktu (kedaluwarsa)? Hal itu pun jadi mengharuskan kita membuang bahan-bahan makanan tersebut.

Ironisnya, kita menyimpan bahan-bahan tersebut di lemari pendingin salah satunya karena alasan berhemat.

Nah agar kebiasaan membuang-buang makanan tersebut tidak berlangsung terus menerus, yuk simak beberapa tips berikut ini:

1/ Buat daftar belanjaan dan ingat untuk belanja secukupnya. Jangan mudah tergiur promo murah, karena semakin lama bahan makanan disimpan, kualitasnya akan berangsur-angsur menurun. Terapkan pola belanja yang konsisten semisal satu minggu sekali.

2/ Segera bersihkan dan simpan bahan-bahan yang sudah dibeli ke dalam lemari pendingin. Susun berdasarkan tinggi rendah barang (jika berbentuk bumbu) untuk mempermudah pengambilan bahan.

Barang-barang yang memiliki tanggal kedaluwarsa cepat, sertakan di barisan terdepan. Ingat juga untuk selalu mengaplikasikan sistem FIFO ( first in first out ).

3/ Jangan mengeluarkan bahan makanan terlalu sering (maksimum 2 kali), kesegaran bahan akan hilang jika terlalu sering mengalami perubahan suhu.

4/ Sesuaikan porsi masak dengan jumlah orang yang akan bersantap. Selain cita rasa makanan akan terasa nikmat, potensi makanan akan bersisa pun semakin kecil.

5/ Gunakan kreatifitas kita untuk mengolah kembali bahan makanan sisa menjadi hidangan baru. Semisal, kombinasikan tumisan daging dengan saus tomat lalu guyurkan ke atas pasta favorit.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.