Menghilangkan Bau Amis Seafood dan Mencegah Talenan Berjamur
Menghilangkan Bau Amis Seafood dan Mencegah Talenan Berjamur

Bekas masakan seafood meninggalkan bau amis? Tenang, Talenan bebas bau amis seafood dan tidak berjamur dengan cara berikut ini.

Bekas masakan seafood meninggalkan bau amis? Tenang, Talenan bebas bau amis seafood dan tidak berjamur dengan cara berikut ini.

Seafood, daging, ikan, ayam, dan sejenisnya biasanya meninggalkan bau amis atau tidak sedap pada talenan. Selain bau amis, makanan tersebut juga bisa membuat talenan menjadi berjamur dan permukaannya tidak lagi mulus. Baik talenan kayu atau talenan plasti k sama-sama bisa meninggalkan bau amis seafood dan makanan lain dan juga berjamur. ENDEUSiast bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menghilangkan bau amis seafood dan mencegah talenan berjamur.

1.

Segera Bersihkan Talenan

Salah satu cara agar talenan tidak berbau amis dna cepat berjamur adalah dengan langsung membersihkan talenan setelah digunakan. Selalu cuci talenan setiap selesai digunakan dengan sabun dan gosok dengan kawat spons bila perlu. Kemudian lap talenan hingga kering dan simpan dalam tempat yang terang. Simpan talenan dengan posisi berdiri atau digantung agar bisa kering dengan maksimal dan jamur tidak tumbuh.

1.

Gosok Talenan dengan Garam Kasar

Garam kasar adalah salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan bau amis seafood dan bahan lain pada talenan. Cara menggunakan garam kasar untuk membersihkan talenan juga sangat mudah, ENDEUSiast cukup menaburkan garam kasar secukupnya. Kemudian gosok talenan dengan spons atau kawat. Kandungan garam yang tinggi akan menghilangkan sisa saeafood, daging, dan juga sayuran yang menempel pada talenan. Bila dirasa sudah bersih, bilas talenan dengan air mengalir.

1.

Rendam Talenan dalam Cuka

Cuka adalah salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan bau amis seafood. ENDEUSiast bisa merendam talenan dengan air yang sudah dicampur dengan cuka. Rendam talenan selama beberapa menit hingga kotoran rontok dan bau amis hilang. Kemudian bila talenan hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan talenan sebelum digunakan kembali.

1.

Gunakan Lemon dan Garam

Lemon dan garam adalah dua bahan yang juga ampuh untuk menghilangkan segala bau dan kotoran termasuk pada talenan. ENDEUSiast bisa menggunakan garam kasar ataupun garam halus. Taburkan garam dan kemudian gosok dengan potongan lemon. Setelah talenan bersih, bilas dengan air mengalir. Agar talenan tidak berjamur, ENDEUSiast bisa menjemur talenan di bawah air sinar matahari langsung. Dengan cara ini, talenan bisa bebas lembap sehingga jamur ogah tumbuh di atasnya.

1.

Gunakan Soda Kue

Salah satu bahan yang juga ampuh untuk menghilangkan noda dan bau amis adalah baking soda. ENDEUSiast bisa membuat pembersih dengan baking soda yang terdiri dai baking soda, air, dan garam dengan rasio yang sama. Aduk semua bahan hingga menjadi pasta dan gunakan untuk membersihkan talenan. Gosok talenan dengan pasta baking soda hingga bersih. Kemudian cuci dengan air mengalir dan keringkan talenan di bawah sinar matahari.

Endeustorial

Ikuti Instagram