Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ayam yang amis tentu membuat kita merasa terganggu dan menjadi kurang berselera makan. Diperlukan cara untuk menghilangkan bau amis dengan mudah.

Ayam menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang, khususnya ayam bakar. Bumbunya yang meresap hingga ke dagingnya menjadi kelezatan tersendiri. Sayangnya ada satu hal yang bisa membuat rasa lezatnya berkurang yaitu bau amis pada ayam bakar tersebut.

Sebelum membeli ayam, pastikan bahwa ENDEUSiast membeli ayam yang masih segar. Khususnya untuk ayam negeri yang memiliki kandungan lemak tinggi biasanya bau amisnya cukup menyengat. Bau amis ini berasal dari sisa darah yang masih menempel pada daging ayam.

Diperlukan beberapa cara untuk bisa menghilangkan bau amis, sekalipun terlihat mudah namun nyatanya masih banyak yang belum bisa benar-benar menghilangkan bau amis pada ayam khususnya yang tidak terbiasa membersihkan ayam. Maka, kali ini akan diberikan beberapa tips untuk menghilangkan bau amis ayam dengan tepat dan mudah.

1/ Garam dan Jeruk Nipis

Sudah banyak yang mengetahui cara yang satu ini. Menggunakan garam dan jeruk nipis menjadi cara yang populer untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Caranya pun cukup mudah, pertama-tama cuci ayam sampai benar-benar bersih lalu letakkan di wadah. Lumuri ayam degan garam secukupnya dan air jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian.

Diamkan selama beberapa menit lalu cuci lagi ayamnya hingga bersih. Cara ini juga bisa diterapkan untuk ikan bila ENDEUSiast hendak memasak ikan pesmol atau olahan ikan lainnya.

2/ Tomat

Selain jeruk nipis, ENDEUSiast juga bisa menggunakan buah tomat segar untuk menghilangkan bau amis dan lendir pada ayam. Caranya hampir sama dengan diatas, cuci dahulu ayamnya baru lumuri dengan 1 sendok garam dan cincang kasar buah tomat lalu aduk sambil diremas hingga merata dan diamkan selama beberapa menit lalu bilas bersih. Ayam pun sudah siap dibakar.

3/ Cuka

Memiliki kadar asam yang tinggi, cuka ternyata mampu untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Caranya, adalah tuangkan sekitar ½ sendok cuka diatas permukaan ayam lalu usap sampai semua bagian ayam terkena cuka. Tidak perlu menuangkan cuka terlalu banyak nanti ayam justru akan berubah rasa menjadi asam. Setelah itu langsung dibilas hingga bersih.

Nah, sekarang ENDEUSiast sudah tahu kan cara menghilangkan bau amis pada ayam? Jadi tidak perlu bingung lagi ya dan jangan sampai salah karena cara-cara di atas cukup mudah untuk dilakukan. Bagi para pemula yang jarang membersihkan ayam pun tidak akan merasa kesulitan lagi. Namun, pastikan bahwa ayam ENDEUSiast beli masih segar ya sehingga tidak sulit pula untuk menghilangkan bau amisnya. Selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.