Memanggang menggunakan wajan mungkin merupakan hal yang baru. Teknik masak ini memang cukup sulit dan tidak mudah.

cocok untuk ENDEUSiast yang ingin mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

https://www.shutterstock.com/image-photo/delicious-roasted-dorado-gilthead-bream-fish-723640033

Teknik panggang merupakan salah satu teknik memasak yang ramah untuk tubuh, karena ia tidak menggunakan banyak minyak dan teknik memasak ini sangatlah praktis, sehingga sangat cocok bagi yang tidak memiliki banyak waktu di dapur. Salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah menggunakan bantuan wajan untuk memanggang.

Ikan fillet seringkali dijadikan alternatif untuk dipanggang. Ikan akan memiliki tekstur kriuk seperti ikan goreng, namun tekstur panggangnya akan tetap terasa dan dagingnya akan tetap lembut. Ikan panggang juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan ikan goreng. Namun, sebelum memanggang ikan, ENDEUSiast harus memperhatikan beberapa hal.

1/ Siapkan Wajan Anti Lengket dengan Ukuran Lebar

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil panggangan adalah penggunaan wajan dengan bahan anti lengket. Penggunaan wajan anti lengket akan membantu proses membalikkan ikan akan lebih mudah, karena kulit ikan rentan sekali lengket pada permukaan. Gunakan juga wajan anti lengket dengan ukuran yang lebih lebar dibandingkan ikan agar ikan dapat matang secara merata.

2/ Memanggang Menggunakan Api Kecil

Ada yang terburu-buru lalu menggunakan api besar untuk memasak? Untuk memanggang ikan sebaiknya gunakan api kecil karena api besar justru akan membuat kulit ikan gosong pada bagian luarnya dan bagian dalamnya masih mentah. Panaskan wajan dahulu menggunakan api sedang, lalu kecilkan api saat permukaannya panas dan letakkan ikan di atasnya.

3/ Perhatikan Tekstur Ikan Sebelum Masuk Wajan

Sebelum proses memanggang dilakukan, ENDEUSiast tentu akan membumbui ikan terlebih dahulu dengan bumbu yang beragam. Jika ENDEUSiast menggunakan bumbu rendam yang basah, maka tiriskan dahulu ikan dari bumbu sebelum memasukkannya ke wajan panas, karena kulitnya akan cenderung lembab dan akibatnya ikan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang hingga overcooked.

4/ Membalikkan Ikan Saat Mulai Kecoklatan

Sama seperti menggoreng, sebaiknya tunggu hingga salah satu sisi ikan matang kecoklatan dahulu sebelum dibalik. Ikan yang terlalu sering dibolak balik teksturnya akan terlihat kurang menarik. Jika memang sudah nampak kecoklatan angkat sedikit ikan dan lihatlah jika belum matang letakkan kembali.

5/ Tambahkan Olesan Margarin atau Minyak

Dengan menambahkan olesan minyak atau margarin, ikan akan semakin cantik dan mengkilat. Karena itulah, siapkan mentega, minyak atau margarin dan olaskan sebelum mapun selama proses memanggang.

Dengan olesan tersebut, rasa ikan akan semakin sedap dan memabntu mencegahnya overcooked. Bahan olesan tersebut mampu melindungi kulit ikan agar tidak cepat matang. Sat memanggang sebaiknya ENDEUSiast stop melakukan aktivitas apapun, akrena panggangan tak bisa ditinggal atau ENDEUSiast rela ikanmu gosong?

Setelah mengetahui trik di atas, yuk praktek resep Ikan Nila Bakar Kecap Pedas

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.