Gula adalah salah satu bahan yang akrab digunakan saat memasak. Pemakaian gula yang berlebihan itu tidak sehat. Yuk cari tahu apa saja penggantinya!

Setelah mengkonsumsi makanan manis tentu rasa kantuk akan melanda. Rasa kantuk bisa menjadi salah satu tanda meningkatnya kadar gula darah didalam tubuh. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan juga beresiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas dan diabetes. Kalau begitu yuk temukan alternatif pengganti gula yang sehat. Apa saja?

1/ Stevia

Mungkin ENDEUSiast pernah mendengar daun stevia sebagai pengganti gula yang sehat. Daun stevia sangat baik untuk ENDEUSiast yang memang sedang diet. Selain itu, daun stevia ini tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah karena sama sekali tidak memiliki kandungan kalori, plus dalam takaran yang sama dengan gula, daun stevia bersifat 200 kali lebih manis.

Tidak heran jika saat ini banyak sekali produk pengganti gula yang dibuat menggunakan daun stevia. Selain cocok bagi yang ingin hidup lebih sehat, pemanis ini juga cocok dikonsumsi penderita diabetes, obesitas, hingga ENDEUSiast yang sedang diet.

2/ Madu

Walaupun sama-sama memiliki kandungan fruktosa dan glukosa, namun madu lebih lambat dalam menaikkan kadar gula darah, kandungan fruktosa madu lebih rendah. Selain itu, didalam madu terdapat kandungan magnesium, kalium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Sayangnya, saat ini banyak sekali pedagang nakal yang membuat madu palsu, jadi telitilah sebelum membeli ya.

3/ Gula Kelapa

Gula kelapa juga dikenal sebagai gula aren, karena ia berasal dari pohon kelapa (aren). Gula kelapa rendah fruktosa, sehingga mampu mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu gula kelapa memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari zinc, kalsium, potasium, hingga zinc.

4/ Sirup Maple

Pernah mendengar sirup ini? Sirup yang dibuat dari ekstrak getah pohon maple ini memiliki kandungan sukrosa yang lebih sedikit jika dibandingkan madu. Sirup maple juga baik untuk menjaga imunitas tubuh, karena di dalamnya terdapat zinc, magnesium, dan zat besi.

Selain digunakan sebagai pengganti gula pada minuman, sirup maple juga seringkali digunakan sebagai topping Pancake Apel , Fluffy Pancake , pastry, hingga oat.

5/ Sirup Agave

Sirup agave dibuat dari tanaman yang menyerupai tequila, tanaman ini melalui serangkaian proses untuk memecah karbohidratnya menjadi gula. Dibandingkan gula, sirup agave memiliki indeks glikemik yang rendah dan tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Sirup agave memiliki kalori yang hampir sama dengan madu, namun sirup ini tidak memiliki antioksidan.

Itulah beberapa pemanis sehat yang dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Tidak hanya untuk penderita diabates, obesitas, dan sedang diet saja, namun yang sehat pun harus mulai menjaga dengan mengganti gula ke bahan pemanis yang lebih sehat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.