Merica putih dan merica hitam paling sering digunakan oleh dapur Indonesia. Namun sebenarnya merica mempunyai varian yang banyak. Sudah tahu?

Merica adalah sejenis rempah yang berbentuk butiran dengan aroma yang tajam dan rasa yang cenderung panas dan pedas. Merica ini biasanya dijual dalam bentuk butiran ataupun bubuk. Rempah yang satu ini juga dijuluki sebagai King of Spices dan menjadi salah satu rempah dengan harga yang mahal.

Ada banyak jenis merica yang biasanya dimanfaatkan untuk masakan maupun kesehatan. Penamaan merica atau lada ini biasanya berdasarkan dari warna misalnya lada putih, hitam, hijau, dan merah. berikut ini adalah beberapa variasi merica dan manfaatnya.

1/ Lada Hijau

Lada hijau dipetik ketika masih dalam keadaan hijau atau kulit luar berwarna hijau. Proses pengeringan atau pengawetan lada hijau jauh lebih lama dibanding dengan merica jenis lain. Sehingga harganya pun jauh lebih mahal dari jenis merica yang lain.

2/ Merica Merah

Merica merah atau biasanya disebut dengan lada merah jambu merupakan hasil dari pemrosesan merica mentah yang berasal dari pohon laha di Brazil. Merica merah ini mempunyai rasa yang hampir sama dengan merica hitam, tapi lebih lembut. Merica jenis ini biasanya digunakan untuk makanan khas Perancis.

3/ Lada Merah Brazil

Lada merah ini berbeda dengan merica merah yang berasal dari Brazil. Dalam buku resep merica merah Brazil biasa disebut dengan lada merah. Merica ini diolah dari buah lada yang sudah matang dan berwarna merah, kemudian diawetkan dalam air asin, dikeringkan dengan udara, atau dibekukan.

4/ Merica putih

Merica putih merupakan merica yang umum dipakai diberbagai masakan Indonesia. Merica jenis ini dipetik dari buah lada yang sudah matang dan kulitnya terkelupas. Aroma merica ini tidak terlalu tajam dengan rasa pedas yang sedang.

5/ Merica Schezuan

Merica schezuan sekilas mirip dengan lada merah jambu, namun sebenarnya lada yang satu ini bukan benar-benar lada. Hal ini karena merica schezuan ini berasal dari pohon Prickly Ash yang ada di dataran Tiongkok. Di Indonesia, merica schezuan dikenal sebagai andaliman dan banyak digunakan untuk masakan khas suku Batak. Merica ini mempunyai rasa yang tajam dan bisa menyebabkan bibir mati rasa bila langsung dikonsumsi. Sehingga, merica schezuan ini biasanya dipanggang dahulu kemudian dihaluskan.

6/ Merica hitam

Rempah merica yang satu ini mudah dikenali dari teksturnya yang keriput dan warnanya yang hitam. Lada hitam sebenarnya adalah lada yang dipetik dalam keadaan belum matang sempurna kemudian diproses dengan cara perebusan, fermentasi, dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Sehingga mempunyai rasa dan aroma yang tajam dan biasanya cocok untuk masakan tumis daging seperti Daging sapi lada hitam .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.