Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sate yang ada di Indonesia ternyata terbuat dari aneka jenis bahan utamanya. Mungkin dari salah satu sate ini pernah kamu coba?

Kita sebagai warga Indonesia perlu bangga karena ada banyak sekali kuliner khas Nusantara yang berada di peringkat teratas dalam daftar makan terenak di dunia. Selain rendang yang terkenal, sate juga berada di peringkat 14 di seluruh dunia loh! Wah, memang untuk soal rasa, sate menjadi juaranya. Nggak ada yang bisa mengabaikan nikmatnya sate.

Mungkin selama ini kita lebih sering mendengar sate dari bahan daging kambing atau daging ayam saja. Namun, ternyata sate juga memiliki beragam bahan baku dengan rasanya yang khas. Penasaran? Yuk langsung aja kita lihat daftar aneka jenis bahan utama yang sering dipilih untuk hidangan sate.

1. Daging kerbau

Sate yang satu ini berasal dari daerah Kudus. Alasan masyarakat sana memilih daging kerbau adalah mereka tidak memakan daging sapi karena dianggap sebagai dewa. Ini merupakan bentuk dari kepercayaan umat Hindu sehingga tidak ada salahnya kita ikut toleransi.

Sebelum diolah menjadi sate, daging kerbau harus dimasak dengan bumbu dapur seperti jintan putih, ketumbar dan gula jawa. Tunggu dan aduk sesaat agar daging kerbau tersebut menjadi empuk dan menyatu sempurna dengan bumbu lainnya.

Agar lebih empuk. Daging kemudian dipanggang di atas bara arang, disajikan dengan saus bumbu yang terbuat dari santan, gula jawa, dan bumbu lainnya. Setelah matang sate kerbau disajikan di atas daun jati. Rasa daging kerbau yang menyerupai daging sapi membuat sate ini nggak kalah nikmatnya dari sate sapi.

2. Sate usus

Sesuai dengan namanya, sate usus terbuat dari usus ayam. Untuk proses pembuatannya, kita harus mengolah usus terlebih dulu dengan diberi bumbu garam, kunyit dan lengkuas. Setelah itu goreng hingga matang dan warnanya berubah kecokelatan.

Kita bisa menemukan sajian sate usus di pedagang ayam goreng, warung soto maupun bubur ayam hingga angkringan. Harganya pun juga cukup terjangkau.

3. Sate daging kelinci

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan sate yang satu ini. Sate daging kelinci banyak ditemukan di daerah Jawa seperti Kaliurang di Yogyakarta, Tawangmangu di Jawa Tengah hingga di pegunungan seperti Lembang, Jawa Barat.

Cara menyajikannya adalah dengan bumbu kacang, irisan bawang merah dan kecap manis. Sebenarnya hampir sama dengan bumbu sate pada umumnya. Sate daging kelinci dipercaya memiliki khasiat yang bisa dijadikan sebagai penambah stamina hingga obat untuk penyakit asma.

4. Sate bandeng

Jenis sate yang satu ini berasal dari Banten. Terbuat dari bahan daging ikan bandeng segar tanpa duri. Sehingga nggak perlu khawatir tersedak duri bandeng. Jadi sebelum diolah, duri bandeng harus dihilangkan dahulu. Baru setelah itu dibumbui dan dipanggang di atas bara api. Bila tertarik membuatnya, bisa lihat resep sate bandeng yang satu ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya