Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

ENDEUSiast suka resep masakan yang selalu digoreng harus bisa mengenal aneka jenis minyak goreng yang biasa dipakai untuk memasak.

ENDEUSiast yang suka memasak terutama yang digoreng, pasti sudah tahu bahwa minyak goreng sangat dibutuhkan dalam proses memasak. Tentu tanpa adanya minyak goreng kita tidak bisa memulai menumis atau menggoreng bahan olahan. Hampir semua jenis masakan pasti membutuhkan yang namanya minyak goreng.

Jenis minyak goreng tidak hanya minyak sayur saja. Masih ada jenis lainnya yang bahkan bisa dibilang lebih sehat bila dibanding minyak sayur yang biasa kita beli. Walaupun harganya sedikit lebih mahal tetapi demi kesehatan tidak masalah kan. Biar ENDEUSiast tidak bingung dalam memilih minyak, mari kita kenali dulu jenis-jenisnya di bawah ini.

1/ Minyak Kelapa

Minyak kelapa dengan minyak kelapa sawit yang sering ENDEUSiast gunakan untuk memasak itu berbeda jenisnya. Minyak kelapa yang satu ini menggunakan bahan utama kopra yaitu daging buah kelapa yang dikeringkan sedangkan minyak kelapa sawit terbuat dari kelapa sawit.

Kandungan lemak pada minyak kelapa cukup tinggi tetapi lemak yang dimaksud bukanlah jenis lemak hewani sehingga aman bila digunakan untuk memasak. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak jenuh yang tinggi sehingga kuat terhadap proses pemanasan dengan suhu yang tinggi.

2/ Minyak Jagung

Jenis minyak yang satu ini terbuat perasan biji jagung. Sering juga orang menggantinya minyak kelapa sawit dengan minyak jagung ini karena memiliki kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah. Bila ENDEUSiast membuat bakwan kulit ayam menggunakan minyak jagung maka hasil gorengannya akan lebih crunchy dan gurih.

Bagi ENDEUSiast yang ingin menjaga kesehatan jantung maka sebaiknya beralih ke minyak jagung ini karena lebih aman dan menyehatkan untuk memasak bahan yang digoreng. Selain digoreng, minyak jagung juga kerap dijadikan sebagai bahan campuran mayonnaise.

3/ Minyak Canola

Minyak yang satu ini termasuk dalam jenis minyak nabati karena terbuat dari biji canola. Minyak nabati ini memiliki kandungan lemak tak jenuh serta omega-3 sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi. Cocok juga bagi ENDEUSiast yang ingin mengontrol atau mengurangi kolesterol.

Minyak canola juga sering dimanfaatkan untuk memasak tumisan atau gorengan tetapi harus menggunakan api kecil agar nutrisi dari minyaknya tetap terjaga. Umumnya, minyak canola lebih banyak ditemukan di negara Amerika karena disana penghasil utama biji canola. Di Indonesia juga ada beberapa swalayan yang menjual minyak canola. Tetapi bila ENDEUSiast tidak menemukan minyak canola bisa menggantinya dengan menggunakan minyak kelapa.

Itulah beberapa jenis minyak untuk memasak. Setiap minyak memiliki kandungan gizi dan manfaatnya tersendiri. ENDEUSiast tinggal pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya