Buah mangga yang dijual di Indonesia memiliki berbagai macam jenis. Setiap jenis mangga memiliki keunikan sendiri baik dari rasa atau bentuknya.

Indonesia memiliki beragam jenis mangga berkat tanahnya yang subur. Banyaknya jenis mangga menjadikan buah ini sebagai salah satu buah primadona di Indonesia. Rasa buah mangga yang beragam mulai dari asam segar, manis legit, dengan tekstur yang mengkal hingga lembut membuat buah ini menjadi favorit beragam kalangan.

Selain dapat disantap secara langsung, buah mangga juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan seperti jus , smoothies , kue, dan sebagainya. Beda jenis mangga beda pula karakter rasa dan tekstur dari buah tersebut. Kira-kira jenis mangga apa saja yang ENDEUSiast ketahui? Yuk langsung simak beberapa jenis mangga yang bisa dijumpai di Indonesia.

1/ Mangga Arum Manis

Mangga arum manis juga bisa disebut sebagai buah gadung oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, buah mangga arum manis memiliki rasa yang manis dan aroma yang sedap. Selain itu, harga mangga ini cukup terjangkau di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu mangga ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Mangga arum manis ditandai dengan bentuk yang lonjong dan ujung runcing serta memiliki daging buah yang lembut.

2/ Mangga Apel

Mangga ini memiliki bentuk seperti buah apel oleh sebab itu diberi nama mangga apel. Jika masih mentah kulit mangga berwarna hijau, akan tetapi ketika matang kulit mangga akan berwarna agak kemerahan seperti apel. Saat sudah matang, mangga apel memiliki aroma yang sedap. Akan tetapi tingkat kemanisan mangga apel sangat kurang jika dibandingkan mangga arum manis. Saat masih mentah, mangga apel cocok digunakan untuk membuat rujak karena memiliki rasa asam namun menyegarkan.

3/ Mangga Madu

Mangga madu memiliki rasa yang manis seperti madu. Ukuran mangga ini tidak terlalu besar seperti mangga yang lainnya. Ketika matang, mangga madu memiliki kulit yang berwarna kuning agak keorenan. Uniknya dari mangga jenis ini, daging buah mangga madu akan berwarna putih saat sudah matang.

4/ Mangga Golek

Mangga golek memiliki bentuk yang lonjong hampir menyerupai mangga arum manis. Meskipun mirip, mangga golek memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat dari pada mangga arum manis. Mangga golek memiliki keunggulan yaitu memiliki rasa yang manis dan daging buah yang tidak berserat.

5/ Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki ukuran dan bentuk yang hampir menyerupai dengan mangga madu. Mangga manalagi memiliki rasa berupa perpaduan antara mangga golek dan mangga arumanis. Hal yang unik dari mangga ini yaitu saat mentah atau matang, kulit mangga ini tetap berwarna hijau. Hanya saja saat matang ada warna keabu-abuan pada kulitnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.