Mengenal, Memilih, Menyimpan dan Mengolah Buah Carica
Mengenal, Memilih, Menyimpan dan Mengolah Buah Carica

Buah Carica adalah buah yang wajib ENDEUSiast makan dan jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Dieng.

Buah Carica adalah buah yang wajib ENDEUSiast makan dan jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Dieng.

Dieng adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Dieng menghadirkan bentang alam yang indah dan suasana dataran tinggi yang sejuk, cocok menjadi tempat untuk menghabiskan liburan. Saat berkunjung ke Dieng, belum lengkap rasanya kalau belum membeli oleh-oleh khas Jawa yaitu Carica. Carica adalah buah yang sering dijadikan buah tangan baik itu dalam bentuk olahan maupun dalam bentuk buah yang masih utuh.

Berikut adalah tips untuk memilih, menyimpan dan mengolah buah Carica.

1.

Memilih Buah Carica

Saat ini buah carica dijual dalam berbagai bentuk baik itu yang sudah diolah menjadi beraneka makanan dan minuman atau yang masih dalam berbentuk buah. Carica sangat mudah ditemukan di Wonosobo baik itu di toko oleh-oleh atau di pinggir-pinggir jalan. Jika ENDEUSiast menemui buah carica yang masih berwarna hijau maka buah carica tersebut belum matang. Buah carica yang belum matang memiliki tekstur yang keras dan rasanya asam serta getir. Buah carica yang sudah matang memiliki warna kuning, rasa manis dan memiliki tekstur buah yang lembek.

Jika ingin membeli carica untuk langsung dimakan, maka sebaiknya pilih buah carica yang sudah matang. Jika ingin membeli buah carica untuk diolah menjadi berbagai makanan, maka sebaiknya pilih yang setengah matang. Buah carica yang setengah matang memiliki warna hijau kekuningan dan tekstur buah yang tidak lembek sehingga tidak mudah hancur saat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

1.

Menyimpan Buah Carica

Karakteristik daging buah carica sama dengan pepaya sehingga cara menyimpannya pun sama dengan buah pepaya. Jika ENDEUSiast membeli carica yang masih mentah atau yang masih berwarna hijau, maka simpanlah pada tempat yang kering, memiliki suhu ruang dan jauhkan dari sinar matahari supaya buah cepat matang. Kira-kira dibutuhkan 1-3 hari supaya carica yang masih mentah menjadi matang.

Jika carica berubah menjadi setengah matang atau warna carica sudah mulai kekuningan maka bungkus carica menggunakan plastik dan masukan ke dalam kulkas di rak dekat sayuran. Sampai saat ini, belum ada yang tahu secara pasti, sampai kapan carica bisa awet di kulkas. Oleh sebab itu, jika dirasa tekstur carica sudah tidak keras dan warna carica menjadi kuning maka segera habiskan carica tersebut.

1.

Mengolah Carica

Saat ini, sudah banyak makanan yang terbuat dari carica misalnya sirup, manisan, salad dan es campur. Cara mudah untuk mengolah carica pertama-tama adalah cuci buah carica, lalu belah jadi dua dan hilangkan bijinya. Meskipun begitu, sebaiknya biji carica jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk membuat manisan. Saat memotong carica berhati-hatilah karena getah ini dapat membuat carica menjadi pahit. Setelah carica dipotong, sebaiknya buah dicuci dengan air yang mengalir supaya terbebas dari getah.

Endeustorial

Ikuti Instagram