Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain kopi hitam, kopi memiliki varian lain yakni kopi hijau. Apa itu kopi hijau? Apa manfaatnya bagi tubuh? Yuk, langsung simak.

Kopi hijau telah menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Kopi hijau menjadi salah satu suplemen dan produk penurun berat badan paling populer. Namun, apa sih kopi hijau itu? Kopi hijau adalah biji tanaman kopi bernama Coffee Arabica yang tidak mengalami proses roasting. Biji kopi yang tidak melalui proses roasting ini merupakan sumber antioksidan sehingga memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan biji kopi pada umumnya. Kemudian, apa saja manfaat kopi hijau ini? Berikut penjelasannya.

Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disebutkan, kopi hijau kaya akan antioksidan karena tidak melalui proses roasting. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa biji kopi hijau mengandung 100% Chlorogenic Acid (CGA) yang merupakan ester dari caffeic acid dengan kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Radikal adalah faktor utama berkembangnya beberapa penyakit seperti kanker.

Mengurangi Resiko Diabetes

Biji Kopi hijau dapat bermanfaat mengurai glukosa dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Pada tahun 2014, penelitian dalam Jurnal Biokimia Molekuler dan Seluler menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi hijau dapat membantu mencegah gangguan otak yang berhubungan dengan diabetes. Selain itu, biji kopi hijau dapat bermanfaat mengurangi kecemasan dan meningkatkan daya ingat lebih baik daripada kopi biasa.

Menjaga Kesehatan Jantung

Chlorogenic Acid (CGA) dalam biji kopi hijau mengurangi penyerapan glukosa yang juga memberikan dampak positif pada pembuluh darah dan kesehatan jantung. Menurut WebMD, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi ringan telah berkurang tekanan darahnya kurang dari sebulan setelah secara rutin mengonsumsi 93-185 mg ekstrak kopi hijau.

Senjata Anti-penuaan

Radiasi sinar UV dari matahari menghasilkan produksi radikal bebas yang memecah komponen-komponen penting kerang kulit sehingga menimbulkan tanda-tanda penuaan. Biji kopi hijau dapat membantu peremajaan kulit, membuat kulit kencang, serta mengurangi munculnya keriput. Terdapat sebuah studi yang membuktikan bahwa mengonsumsi Chlorogenic Acid (CGA) yang terkandung dalam biji kopi hijau selama delapan minggu dapat meningkatkan hidrasi kulit. Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, tanda-tanda penuaan pada kulit akan berkurang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat inilah yang membuat biji kopi hijau digandrungi banyak orang. Manfaat ini dibuktikan dengan sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi hijau dapat membantu melawan obesitas dengan menurunkan akumulasi lemak tubuh. Terdapat penelitian lain yang membuktikan bahwa ada ekstrak biji kopi hijau dapat menurunkan berat badan.

ENDEUSiast bisa mencoba mengkreasikan kopi hijau menjadi minuman yang unik seperti Coffee and Milk Ice Cube . Manfaat kopi hijau dipadukan dengan nikmatnya es coklat akan membuat minuman ini sehat dan menyegarkan. ENDEUSiast juga bisa membuat Es Kopi Jeli yang nggak kalah segarnya. Pilih mana, hayo?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.