Mengenal Macam-Macam Sate dari Seluruh Dunia
Mengenal Macam-Macam Sate dari Seluruh Dunia

Tak hanya di Indonesia, sajian sate juga bisa ditemui di beberapa negara lain. Berikut beberapa contoh sate populer dari berbagai belahan dunia.

Sate adalah salah satu olahan daging yang populer di berbagai belahan dunia. Makanan yang satu ini adalah daging yang dipotong kecil dan ditusuk dengan tusukan dari bambu kemudian dibakar hingga matang. Yang membedakan sate dengan daging barbeque adalah penggunaan tusukan bamboo dan juga ukuran daging yang lebih kecil.

Di Indonesia sendiri, sate adalah salah satu makanan yang sangat populer. Di beberapa negara berikut ini, sate juga menjadi salah satu makanan yang populer dengan ciri khasnya sendiri.

1/ Dakkochi, Korea Selatan

Di Korea Selatan, sate dikenal dengan nama dakkochi. Sate asal Korea ini dibuat dari daging ayam dengan menggunakan saus pedas manis dengan tekstur kental. Sekilas sate Korea ini mirip dengan yakitori atau sate asal Jepang hanya saja saus yang digunakan berbeda. Saus dakkochi menggunakan campuran gochujang atau pasta cabai, minyak wijen, dan bawang putih Dakkochi ini biasa dijual di pusat jajan street food dan menjadi salah satu makanan populer.

2/ Kebab, Timur Tengah

Kebab adalah salah satu makanan asal Mediterania yang berbahan dasar daging sapi dan daging domba. Kebab asli Mediterania ini lebih mirip dengan sate karena dagingnya dipotong menjadi dadu dan ditusuk menggunakan tusukan besi. Daging kemudian dipanggang hingga matang. Setelah matang, daging akan disajikan tanpa tusuk dan diletakkan diatas tortilla atau roti pipih. Jadi kebab tidak dimakan langsung dari tusuk satenya.

3/ Yakitori, Jepang

Yakitori adalah sate khas Jepang yang terbuat dari daging ayam dan ampela yang dipotong dan tusuk sate kemudian dibakar dengan arang. Selain ayam, yakitori juga bisa ditambahkan sayuran seperti paprika dan daun bawang sebagai selingan di dalam tusukan yakitori. Sate asal Jepang ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu sate dengan saus dan tanpa saus. Sate yang hanya dipanggang disajikan dengan saus celup, namun jenis lainnya adalah yakitori yang direndam terlebih dahulu dengan saus sebelum dipanggang.

4/ Suya, Nigeria

Suya adalah salah satu sate khas Nigeria yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Daging yang sudah diiris kemudian dibakar dengan bumbu khas yang terbuat dari kacang, bawang, bubuk cabai, dan minyak. Makanan yang satu ini adalah salah satu street food populer di Nigeria.

5/ Satti, Filipina

Sate khas Filipina ini mempunyai nama yang mirip dengan sate di Indonesia. Sate dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sate khas negara barat dengan daging babi dan juga sate asli Filipina yang terbuat dari daging ayam.

6/ Chuan’r, Cina

Sate dari Cina atau chuan’r ini adalah salah satu seafood populer di Cina. Chuan’r ini biasanya dibuat dari daging sapi, domba, ayam, dan sebagainya. Sate dari Cina ini biasanya menggunakan bumbu jintan bubuk, cabai merah, lada hitam, dan garam. Selain langsung dimasak, chuan’r juga bisa digunakan sebagai isian bakpao atau mantao.

Endeustorial

Ikuti Instagram