Rujak merupakan salah satu kuliner Indonesia yang lezat dan enak. Namun ternyata rujak juga punya banyak jenis lho. Apa saja sih?

Indonesia adalah negara yang kaya. Tidak hanya kaya budaya, namun Indonesia juga kaya akan jenis kuliner yang tak boleh terlewat. Dari ujung Barat sampai ujung Timur, semua sajian ini pasti disukai oleh semua orang.

Salah satu hidangan yang memiliki beragam jenis adalah rujak. Rujak biasanya dikenal sebagai aneka buah yang disantap bersama saus kacang, padahal tak hanya itu saja lo. Ada beberapa jenis rujak yang tersebar di Indonesia ini yang sayang jika dilewatkan.

1/ Rujak Shanghai

Jika Madura punya rujak Petis, maka Jakarta punya rujak Shanghai. Rujak Shanghai adalah rujak yang dibuat menggunakan lobak, cumi,bahkan ubur-ubur sebagai bahan utamanya lalu diatasnya dituang saus tomat dengan bubuk koya. Rujak Shanghai sepintas memang mirip dengan asinan.

2/ Rujak Mie

Orang Sumatera pasti akrab dengan sajian yang satu ini. Ya, rujak mie sendiri berasal dari Palembang. Palembang memang terkenal dengan empek-empek.Nah, inilah hasil percampuran antara empek-empek dan rujak dimana rujak dibuat menggunakan mie, soun, lalu tak ketinggalan empek-empek dan timun yang disiram menggunakan kuah cuka. Ngiler yaa.

3/ Rujak Es Krim

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/27/a6713c12-6300-459e-b2a7-c2f65f3e93ba.jpg

ENDEUSiast sedang berencana plesiran Ke Jogjakarta? Nampaknya wajib mencicipi rujak es krim khas kota Gudeg ini. Rujak Es krim sendiri merupakan rujak serut yang berisi buah-buahan yang telah diberi kuah sambal dan diberi topping es krim sebagai sentuhan akhir. Wah cocok menemani cuaca Jogja yang cukup panas.

4/ Rujak Cingur

Hidangan khas Jawa Timur ini terkesan unik, karena memang dibuat menggunakan “Cingur” atau mulut dan hidung sapi yang bertekstur lembut dan kenyal lengkap dengan buah dan sayuran. Buahnya sendiri menggunakan timun, mangga muda, bengkuang, dan nanas yang dicampur sayur tauge, buncis, dan kangkung. Setelah “Cingur”, sayur, dan buah-buahan lengkap siramlah menggunakan kuah kacang nan gurih.

5/ Rujak Petis

Rujak petis sebenarnya masih satu rumpun dengan rujak cingur, hanya saja rujak petis menggunakan tempe dan tahu. Selain itu rujak ini semakin unik berkat paduan sambal petis udang dan sambal. Yummy. Siapa yang berani menoolak ya.

6/ Rujak Soto

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/27/6ad22dd8-ea52-4fb9-a8da-5ca3b4c13e2e.jpg

Jangan ngaku penggemar soto kalau belum mengetahui jenis rujak yang satu ini. Rujak soto sendiri diisi dengan sayuran rebus seperti kangkung dan tauge yang diuleg bersama kacang tanah kupas, gula merah, dan petis. Rujak Soto sendiri merupakan sajian yang wajib ada di dalam list menu jika berkunjung ke Banyumas. Inilah mengapa tak jarang disertakan cingur juga seperti hidangan khas jawa Timur lainnya. Setelah semua bahan diuleg, maka akan diletakkan dalam mangkok dan disiram kuah soto ENDEUSiastlan

Perjalanan tak hanya sampai disini. ENDEUSiast bisa mengolah tempe dan ayam dengan bumbu rujak yang endeus dan dijamin akan jadi favorit.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.