Mengenal Gula Gur, Jaggery Dari India yang Manis Banget!
Mengenal Gula Gur, Jaggery Dari India yang Manis Banget!

Gula Gur merupakan jenis jaggery dari India. Ia terbuat dari ekstrak tebu dan biasa digunakan sebagai pengganti gula pasir.

Pernah dengan istilah jaggery ? Kalau jeli dengan komposisi makanan kemasan, kamu mungkin akan menemukan jaggery di salah satunya. Merupakan jenis gula yang raw atau yang pengolahannya masih melalui pengekstrakan tradisional dari tanaman penghasil rasa manis.

Indonesia juga memiliki jaggery loh, yaitu gula jawa dan aren. Gula jawa terbuat dari cairan ekstrak pohon palem, sedangkan aren berasal dari nira pohon enau. Berbeda dengan Indonesia, di India jaggery mereka bernama gur . Namun bukan berasal dari pohon enau atau palem, gur berasal dari batang tebu. Menarik bukan? Kenal lebih jauh yuk!

Gur, si manis dari India

Sebelum orang belajar cara mengekstrak gula dan mengolahnya secara kimia, jaggery bisa menjadi satu-satunya sumber pemanis alami. Popularitasnya tumbuh dengan cepat di seluruh dunia begitu ditemukan. Namun setelahnya, saat gula pasir ditemukan, jaggery mulai ditinggalkan.

Di India, negara tersebut diberkati dengan ladang tebu, maka dari itu jaggery dari tebu atau gur tercipta di sana. Gula mentah ini memiliki rasa khas manis yang kental dan dapat ditemukan di banyak minuman dan permen.

Jika perlu dideskripsikan, gur manisnya nggak sekuat sirup maple, lebih kental dan padat dari madu dan memiliki rasa seperti gula merah.

Cara membuatnya

Seperti yang udah dijelaskan di atas, gur berasal dari ekstrak cairan tebu. Menggunakan mesin giling, tebu dihancurkan untuk menghasilkan air tebu, cairan tersebut direbus dan dikentalkan untuk membuat gur .

Karena nggak memerlukan "pemurnian yang mahal," maka gur dapat diproduksi oleh siapa saja, termasuk produsen kecil tanpa label.

Proses terakhir adalah pembentukan. Gur dibentuk menjadi beragam seperti kotak, kepingan, dan sebagainya sebelum dikirim ke konsumen. Ini berbeda dengan gula jawa atau aren yang dicetak setengah lingkaran.

Di mana bisa menemukan gur?

Gur telah menjadi bagian terpenting dari produksi gula. Ini karena tebu memiliki sejarah lama di India sebelum gula pasir yang dihasilkan perlahan menyebar ke seluruh dunia. Di antara sumber-sumber yang ada, gur berasal dari India bagian timur entah sejak kapan.

Saat ini, gur masih banyak dijual di India, tetapi tidak lagi menempati posisinya yang dulu. Untuk saat ini, orang-orang lebih tertarik pada gula pasir yang lebih modern. Namun jika pergi ke toko India, kita akan menemukan gur dengan mudah. Untuk di Indonesia, kita bisa membeli di toko online. Rata-rata harganya berkisar antara Rp 75 ribuan.

Gur dapat digunakan sebagai pemanis serba guna seperti bentuk gula lainnya. Hancurkan untuk digunakan dalam makanan untuk menggantikan gula pasir dalam resep apa pun. Misalnya resep gulai Indonesia. Di India, gur banyak digunakan untuk makanan til gur ladoo dan kheer, puding beras India.

Endeustorial

Ikuti Instagram