Setiap penjual makanan yang berbahan dasar gandum, meng-klaim bahwa gandum ini sehat. Cari tau yuk seberapa sehat sih gandum ini untuk tubuh kita?

"

Kata gandum mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Meski popularitasnya masih kalah dibanding beras, gandum juga termasuk biji-bijian yang memiliki berbagai manfaat jika dikonsumsi.

Meski begitu, belakangan ini produk olahan gandum sudah mulai bisa ditemui di beberapa supermarket. Beberapa produk olahan gandum endeus untuk disantap. Sebut saja oat, cereal, roti gandum, hingga tepung gandum pun sudah tersedia sebagai pangan dari olahan gandum.

Gandum merupakan tanaman serealia dari suku padi-padian. Tidak heran kalau gandum ini sangat mirip dengan beras, namun olahannya yang berbeda. Oh iya, untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya mengonsumsi gandum atau olahannya yang terbuat dari gandum utuh. Mengapa? Karena gandum putih (beras) tidak memiliki kandungan yang sama dengan gandum utuh. Jelas lebih baik gandum utuh pastinya, karena mengandung serat dan gizi yang lebih banyak.

Sama seperti beras yang telah kami bagikan informasinya, pada gandum yang diolah dengan membuang kulit luarnya akan menjadi putih. Kulit luarnya tersebut yang ternyata memiliki banyak manfaatnya. Sebut saja bekatul; lapisan luar pada gandum yang kaya akan serat.

Sebenarnya hal yang perlu diingat adalah tidak ada yang salah dengan mengonsumsi gandum putih selayaknya dengan beras putih. Tetapi hanya saja kandungan di dalamnya sudah tidak sekaya ketika mengonsumsi gandum utuh. Untuk roti yang berwarna cokelat atau kemerahan, tidak selalu berasal dari tepung terigu yang terbuat dari gandum utuh. Karena bisa saja itu adalah tepung putih yang diberi pewarna.

Untuk perbandingan, memakan dua potong roti tawar biasa serat yang bisa kita dapat sekitar 1,9 gram. Tetapi apabila mengonsumsi roti tawar yang terbuat dari gandum utuh bisa mendapatkan sekitar 5,8 gram serat.

Seperti yang dikatakan oleh Karen Ansel, seorang ahli gizi, dikutip dari Kompas.com , penelitian terkini menjelaskan bahwa seorang yang sering mengonsumsi gandum utuh terbukti bisa menurunkan lemak tubuh jika dibandingkan dengan orang yang sering mengonsumsi gandum olahan.

Untuk memulai hidup lebih sehat, kita bisa memulainya dengan mengganti makanan yang akan kita nikmati dengan gandum utuh. Seperti misalnya bisa mengganti tepung terigu dengan tepung dari gandum utuh. Atau yang lebih simpel lagi adalah dengan mengganti menu sarapan kita dengan sereal atau roti yang terbuat dari gandum utuh.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.