Sama dengan masakan dari daerah lain di Nusantara, masakan Jawa juga mempunyai ciri khas tersendiri di setiap daerahnya.

Tidak hanya beragam budaya, Indonesia juga kaya dengan kuliner di setiap daerahnya. Makanan Jawa adalah salah satu masakan yang populer dan banyak diminati bahkan di luar pulau Jawa.

Masakan Jawa sendiri tidaklah semuanya sama karena berbeda daerah cita rasa masakan juga berbeda. Misalnya masakan Jawa Tengah berbeda dengan masakn di Jawa Barat (Sunda dan Betawi). Bahkan beberapa kota dan kabupaten di Jawa juga mempunyai ciri khas masakan sendiri yang berbeda dengan daerah lainnya. Berikut ini beberapa ciri khas makanan Jawa berdasarkan dari daerahnya.

1/ Jawa Timur

Masakan Jawa Timur yang bagian timur seperti Surabaya dan sekitarnya umumnya mempunyai citarasa masakan yang cenderung asin dan pedas. Terasa dan petis banyak digunakan untuk menambah rasa sedap pada masakan.

Selain itu, makanan dari daerah Jawa Timur umunya dimasak dengan matang sempurna seperti dikukus, dibakar, dipepes, dan digoreng. Beberapa contoh makanan Jawa Timur yang banyak digemari adalah rujak cingur, lodho ayam, tahu campur, kupang lontong, dan sebagainya.

2/ Jawa Tengah

Beberapa bagian Jawa Timur sebelah barat hingga ke Jawa Tengah umumnya mempunyai masakan dengan rasa yang cenderung manis dan tidak terlalu pedas. Bumbu yang banyak digunakan adalah bawang putih dan sedikit menggunakan rempah-rempah. Masakan dari daerah Jawa Tengah ini lebih cocok untuk mereka yang tidak terlalu menyukai makanan pedas. Beberapa contoh makanan Jawa Tengah yang populer adalah gudeg, bacem, dan sebagainya.

3/ Jawa Barat (Sunda)

Berbeda dengan masakan Jawa Timur dan Jawa Tengah, makanan dari Jawa Barat khususnya Sunda biasanya dilengkapi dengan lalapan segar. Masakan Jawa Barat umumnya menggunakan bumbu dasar kuning dan putih serta penggunaan beberapa rempah-rempah sepertu serai, lengkuas, dan daun salam.

Selain dari bahannya, masakan Jawa Barat biasanya dimasak dengan cara dikepul, dikukus, atau dipanggang dengan menggunakan daun pisang sehingga aromanya sedap. Beberapa makanan Jawa Barat yang banyak digemari adalah nasi tutug oncom , nasi liwet, dan pepes. Karena makanan Sunda identik dengan lalapan segar, sambal juga tidak pernah absen sebagai pendamping makanan.

4/ Jakarta atau Betawi

Masakan dari Jakarta atau Betawi sudah mendapat banyak pengaruh dari pendatang seperti Belanda, Portugis, Tionghoa, dan Arab. Oleh karena itu makanan Jakarta mempunyai rasa yang gurih dan tidak pedas. Penggunaan rempah-rempah seperti lengkus, serai, jahe, dan daun salam juga menambah rasa sedap dari masakan Jakarta. Beberapa contoh masakan Betawi yang populer adalah asinan betawi, Soto betawi, karedok, dan ketoprak.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.