Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu dan rempah tidak hanya digunakan oleh Indonesia. India juga banyak menggunakan bumbu dan rempah di setiap masakannya. Apa saja bumbu wajibnya?

Tidak hanya Indonesia saja yang setiap masakannya menggunakan bumbu dan rempah-rempah. Sama-sama merupakan negara yang berada di Asia, India pun juga kerap menggunakan bumbu dan rempah-rempah untuk mengolah masakan yang lezat. Bagi yang pernah makan masakan India pasti tau bahwa setiap masakannya akan menonjolkan rasa rempahnya. Masyarakat India memang dikenal sangat suka dengan masakan yang memiliki aroma bumbu rempah yang kuat. Kira-kira bumbu apa saja yang digunakan di setiap masakan India? Mari lihat ulasannya dibawah ini.

1/ Pala

Tidak hanya Indonesia saja yang menggunakan pala sebagai bumbu dalam masakan. di India juga pala banyak digunakan dalam masakannya. Bumbu yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat India karena banyak digunakan untuk membuat sup tradisional India. Aromanya yang harum dengan sensasi yang dapat menghangatkan tubuh ini memang pas dipadukan dalam masakan sup khas India. Selain dijadikan sebagai sup, bumbu pala juga bisa dijadikan berbagai dessert seperti puding atau makanan kering.

2/ Garam Masala

Garam masala merupakan bumbu racikan khas negara India. Di India, garam memiliki arti panas sedangkan masala artinya rempah-rempah. Panas pada bumbu tersebut artinya memiliki fungsi yang bisa menghangatkan tubuh sama seperti pala yang telah dijelaskan diatas. Garam masala terbuat dari rempah-rempah seperti cabe jawa, lada hitam atau putih, kapulaga, jinten, cengkih, kayu manis, daun salam koja dan bunga lawang. Semua bahan tersebut disangrai terlebih dahulu hingga harum barulah di blender.

3/ Kapulaga

Di India, kapulaga terbagi dalam 2 jenis yaitu kapulaga hijau dan kapulaga hitam yang memiliki aroma yang kuat. Ciri khas dari kapulaga hijau adalah rasanya yang agak manis serta aromanya yang ringan sehingga cocok dijadikan sebagai bumbu garam masala maupun untuk hidangan tradisional ala India. Berbeda dengan kapulaga hitam karena memiliki rasa yang pedas dan aromanya yang kuat. Untuk jenis kapulaga yang satu ini biasanya hanya dicampurkan sedikit saja hanya untuk memunculkan rasa pedas dan aroma khas dari masakan khas India.

4/ Kunyit

Sama seperti Indonesia, di negara India juga hampir seluruh masakannya menggunakan kunyit sebagai bumbu. Tidak hanya berguna untuk menambahkan rasa. kunyit juga dapat memberikan warna kuning cerah pada masakan. Kuliner India yang menggunakan bumbu kunyit adalah kari.

Jadi sekarang ENDEUSiast tidak hanya mengenal India sebagai industri film Bollywood saja tetapi juga harus paham mengenai bumbu masakan khas India yang kaya akan rempah-rempah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.