Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

ENDEUSiast suka masakan khas Bali? Berikut adalah rahasia bumbu dasar yang terdapat dalam masakan Bali.

Masakan Indonesia umumnya menggunakan 3 jenis bumbu dasar yaitu, bumbu dasar merah, kuning, atau putih. Berbeda dengan masakan Indonesia yang lain, masakan Bali mempunyai pakem bumbu dasar yang berbeda. Bumbu dasar inilah yang membuat masakan Bali mempunyai cita rasa yang berbeda dengan masakan Indonesia yang lain. Dalam Bahasa Bali, bumbu disebut dengan base dengan bahan dasar bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur. Bumbu-bumbu ini kemudian ditambahkan rempah lain dan menjadi bumbu dasar berikut ini.

Bumbu Genap Kecil

Bumbu genep kecil dalam Bahasa bali disebut dengan cenik. Bumbu ini disebut bumbu genap kecil karena bahan yang digunakan tidak sebanyak bumbu yang lain. Bahan-bahan untuk bumbu genap kecil adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe, kencur, serai, kemiri, cabe rawit, cabai merah besar, minyak kelapa, gula merah, dan garam. Semua bahan untuk bumbu genap kecil ini tidak dihaluskan namun dicincang halus.

Bumbu Wangen

Bumbu wangen adalah salah satu turunan dari bumbu basa gede. Bumbu wangen ini terdiri dari beberapa bahan yaitu kemiri, kencur, cengkeh, pala, lada hitam, lada putih, jeruk purut, ketumbar, cabe puyang, dan garam. Selain bahan dasar ini, bumbu wangen juga ditambahkan kecombrang, temu tis, temu kunci, bangle, mesoyi (sejenis kayu manis), kemenyan, lenga, sepet-sepet, dan minyak kelapa. Sama seperti bumbu genap kecil, bumbu wangen ini juga dibuat dengan cara dirajang halus atau dicincang.

Bumbu Basa Gede / Bumbu Base Genep

Bumbu genep lengkap atau base gede adalah campuran dari bumbu genep kecil dan bumbu wangen. Sehingga bumbu yang digunakan sangat banyak dan lengkap. Cara pengolahan bumbu basa gede ini juga sama yaitu dicicang atau dirajang halus dengan menggunakan dua pisau. Bumbu baasa gede ini biasanya digunakan untuk masakan ikan, daging, ayam betutu , dan sebagainya.

Bumbu Bawang Jahe

Bumbu bawang jahe adalah bumbu dasar Bali yang menggunakan bahan dasar bawang dan jahe. Persentase dua bahan ini lebih banyak dibanding yang lain sehingga rasanya lebih dominan. Bumbu bawang jahe terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, garam, dan minyak secukupnya. Berbeda dengan bumbu dasar yang lain, bumbu bawang jahe ini dibuat dengan cara diulek halus sebelum ditumis.

Bumbu Sune Cekuh

Bumbu dasar Bali yang lain adalah bumbu sune cekuh. Bumbu yang satu ini berbahan dasar bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, kencur, kunyit, kemiri, daun jeruk, garam dan minyak secukupnya. Sama dengan bumbu bawang jahe, bumbu sune cekuh ini dibuat dengan cara dihaluskan kemudian ditumis hingga matang dan siap digunakan untuk berbagai masakan Bali.

Nah, kini ENDEUSiast sudah mengetahui bumbu-bumbu dasar, rahasia dari masakan Bali yang menggugah selera.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya