Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Setiap dapur memiliki bumbu yang menjadi ciri khasnya tersendiri, seperti juga dengan Italia. Yuk, simak beberapa bumbu populer berikut.

Masakan Italia memang tidak lepas dengan penggunaan bumbu dan rempah yang menjadikan masakannya memiliki rasa yang khas dan otentik. Dari aromanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa makanan tersebut merupakan masakan Italia. Sama halnya dengan Indonesia yang memiliki beragam bumbu dan rempah-rempah, di Italia juga punya banyak jenisnya.

Mungkin ENDEUSiast jarang atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali karena memang ada beberapa bumbu yang tidak tersedia di Indonesia. Bagi ENDEUSiast yang belum mengetahuinya, bisa dilihat lebih lengkapnya di sini.

1/ Italian Seasoning

Di Italia, bumbu ini merupakan campuran antara rempah dan herbal khas Italia seperti bubuk paprika merah, rosemary, cilantro, oregano, basil, marjoram dan thyme. Semua rempah tersebut diolah sedemikian rupa sehingga dibentuk menjadi bubuk.

Italian seasoning dinilai lebih praktis karena ketika memasak kita tidak perlu mengolah bumbunya lagi. Tinggal taburkan saja bumbu bubuk yang dibutuhkan maka sudah bisa membuat masakan lebih terasa. Bumbu ini bisa digunakan untuk semua jenis masakan khas Italia. Bagi ENDEUSiast yang baru pertama kali memasak makanan Italia lebih menggunakan bumbu ini karena lebih memudahkan dalam memasak.

2/ Rosemary

Pada masakan khas Italia yang menggunakan bahan olahan daging ayam, sapi, domba hingga sajian kelinci biasanya menggunakan rosemary. Bumbu ini mudah dikenali karena bentuknya yang runcing seperti daun cemara. Pada sajian seperti daging panggang, rosemary akan dicampurkan dengan bawang putih agar aromanya bisa menyatu dengan sempurna.

Rosemary juga biasa digunakan untuk hiasan pada hidangan. Tetapi, bila ENDEUSiast lebih tertarik untuk mencampurkan sebagai bahan masakan maka sebaiknya gunakan daunnya saja daripada harus setangkai ikut dimasak.

Daun rosemary memiliki tekstur yang cukup alot sehingga gunakanlah pisau tajam untuk mencincang daun tersebut hingga halus. Cara ini juga bisa membantu ENDEUSiast untuk lebih nyaman pada saat mengkonsumsinya.

3/ Basil

Aroma daun basil hampir sama dengan daun kemangi. Sehingga ENDEUSiast bisa mudah untuk mengenalinya. Segi teksturnya pun hampir sama hanya saja pada daun basil lebih tebal. Biasanya bumbu daun basil digunakan untuk memberikan rasa pada olahan ikan, pasta hingga salad.

4/ Oregano

Jika dilihat, daun ini mirip seperti dengan daun basil. Hanya saja untuk oregano memiliki aroma yang lebih tajam dibanding basil. Bumbu oregano terdiri dari 2 jenis yaitu yang masih berbentuk daun segar dan bubuk. Untuk bubuk oregano biasa digunakan untuk sajian khas Italia yaitu spaghetti.

Nah, kini ENDEUSiast sudah mulai mengenal bumbu untuk masakan Italia kan. Bumbu di atas bisa ENDEUSiast gunakan juga untuk beragam masakan Indonesia. Selamat mencobanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.