Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai. Tidak jarang sajian ini pun hadir saat di minuman pesta dengan cara diseduh langsung di depan penikmatnya.

Dalam suatu pesta baik itu pesta yang resmi atau tidak, pesta kecil atau besar terdapat beraneka ragam makanan dan minuman. Kopi pun sering dijadikan salah satu pilihannya. Tak jarang kopi bahkan disajikan langsung dengan cara diseduh di depan penikmatnya.

Jika ENDEUSiast pernah melihat beberapa alat manual brew dalam pembuatan kopi namun kurang tahu perbedaannya, ini dia beberapa penjelasan singkatnya dari beberapa alat manual brew yang sering terlihat.

1. V 60

Pernahkah ENDEUSiast melihat menu minuman di kedai kopi yang mengandung kata V 60? Pasti ENDEUSiast pernah melihatnya bukan? Memang kata V60 sering ditemukan pada menu kopi di kedai kopi. V 60 merupakan salah satu mesin penyeduh kopi. Dalam menyeduh kopi, alat ini memanfaatkan teknik pour over. Alat penyeduh kopi V 60 memiliki bentuk yang unik sehingga mungkin ENDEUSiast akan bertanya-tanya bagaimana caranya alat ini bisa menyeduh kopi tubruk ke dalam gelas.

Alat ini memiliki beberapa jenis tergantung bahan dasar pembuatnya yaitu keramik, kaca, metal, plastik, dan tembaga. V 60 berbentuk seperti cangkir namun bermotif sepiral dan bentuknya mengerucut atau mirip dengan huruf V. V 60 memiliki ujung yang berlubang. Lubang tersebut berfungsi untuk mengontrol waktu ekstraksi, mengontrol suhu air, dan grind size atau potongan kopi. Oleh sebab itu, kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih ringan, jernih, dan bernuansa.

Kafe-kafe atau kedai kopi biasanya menjadikan V 60 sebagai metode yang ikonis dan menu kopi yang ada kata V 60 menjadi menu andalan mereka.

2. Vietnam Drip

Vietnam drip merupakan metode penyeduhan kopi dari Vietnam. Alat ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Vietnam. Pada awalnya, vietnam drip merupakan filter yang terbuat dari besi. Cara kerja alat ini yaitu ketika kopi diseduh dengan air panas, filter tersebut mengeluarkan tetes-tetes kopi panas secara perlahan ke dalam cangkir. Penyeduhan menggunakan vietnam drip dinilai tidak menghilangkan rasa pada kopi, proses penyeduhan dan ekstrasinya cepat dan kopi yang dihasilkan tidak terlalu padat.

Vietnam drip memiliki beberapa bagian yaitu saringan bawah, cangkir, saringan atas atau tamper, serta penutup. Ada dua jenis tamper, yaitu tamper yang disekrup yang berfungsi untuk memberikan tekanan tambahan dan tamper tanpa sekrup.

3. AeroPress

Jika dilihat dari namanya, sepertinya alat ini tidak biasa dan begitu canggih. Alat penyeduh kopi ini memiliki keunggulan yaitu lebih mudah digunakan, lebih cepat, dan lebih mudah untuk dibersihkan daripada yang lainnya

Cara kerja AeroPress pada dasarnya sama dengan vietnam drip namun tetap ada perbedaan yaitu vietnam drip hanya mengandalkan gaya gravitasi saja sedangkan AeroPress juga memanfaatkan tekanan udara.

Jika dibandingkan dengan V60 hasil seduhan kopi AeroPress lebih kuat. Berbeda dengan V60 yang terbuat dari berbagai macam bahan, AeroPress hanya terbuat dari plastik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.