Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Semur tentu menjadi hidangan yang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Tapi sebelumnya yuk kenali dulu jenis semur yang ada di Nusantara.

Siapa yang tak kenal semur. Hidangan khas Indonesia ini dimasak dengan teknik menunggu bahan yang dimasak hingga teksturnya mengental dan kuahnya menyusut. Kuah yang digunakan tak hanya air, namun bisa juga ditambahkan santan, susu, hingga kaldu.

Teknik memasak ini sebenarnya adalah teknik yang diperkenalkan oleh bangsa Belanda saat berkunjung. Dahulu, banyak sekali orang Belanda yang minta dibuatkan masakan ala negara mereka, yakni smoor. Orang Belanda sendiri memasak smoor dengan potongan bawang dan tomat dalam waktu lama, namun oleh masyarakat Indonesua justru ditambahkan kecap manis hingga akhirnya menjadi racikan baru smoor yang baru.

Di Indonesia sendiri semur juga memiliki banyak variasi dari daerah-daerah tertentu. Apa saja?

1/ Semur

Tak lengkap jika membahas semur tanpa menuliskan hidangan aslinya. Semur di Jawa sendiri memang identik dengan warna yang gelap dengan rasa gurih nan manis. Penggunan kecap memang membuat hidangan menjadi manis yang dicampur dengan rempah yang membuat kuahnya kaya rasa. Saat inis emur tah hanya dibuat menggunakan daging sapi, namun juga dibuat menggunakan ayam, telur, tempe, tahu, bahkan jengkol.

2/ Malbi

Orang Palembang pasti tak asing dengan hidangan yang satu ini. Jika dilihat memang Malbi memiliki tampilan layaknya semur dengan tambahan rasa yang sedikit pedas dan asam. Dalam pembuatan Malbi memang ditambahakan air asam jawa dengan anek rempah khas Sumatera yang membuatnya kaya rasa. Proses pembuatannya juga hampir sama dengan semur

3/ Krengsengan

Semur yang sangat nikmat,karena disertai tambahan bumbu petis udang. Cocok sekali jika didampingi dengan nasi hangat. Jadi, sebaiknya hangan melewatkan hidangan ini. uniknya tak hanya daging saja yang dimasak krengsengan ini, namun jeroan pun tak luput menjadi bahan utamanya. Tambahkan bawang goreng, maka dijamin deh akan nambah nasi.

4/ Kalio

Siapa yang berani menolak sajian khas kota Minang ini. Kalio adalah rendang setengah jadi, karena memang pembuatan kalio hampir mirip dengan rendang, namun tak perlu menunggu hingga menyusut dan kehitaman. Jadi, kalio cenderung lebih berkuah. Walaupun bumbunya cenderung lebih ringan dibanding rendang, jangan ragukan rasanya ya. Yuk coba memasak Ayam Kalio di resep ini.

5/ Terik

Kalau ke Jawa Tengah jangan lewatkan sajian semur yang satu ini. kuah santan yang diberi kcap dan gula jawa membuat rasanya cenderung manis dengan kuah gurih. Terik biasanya dibuat menggunakan bumbu kuning atau putih dengan bahan utama daging, tempe, dan tahu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.