Nasi di rice cooker cepat menguning dan basi setelah beberapa jam? Kalau begitu, ENDEUSiast bisa mencoba langkah ini untuk mengatasinya.

Perkembangan teknologi membuat hidup semakin mudah, termasuk dalam memasak nasi. Kita tidak perlu susah-susah membuat api dan menanak dalam panci, cukup menggunakan rice cooker maka ENDEUSiast bisa menyantapnya dalam waktu kurang dari satu jam. Apalagi dengan tambahan rice warmer , nasi selalu hangat ketika dibutuhkan.

Namun, terkadang dalam beberapa jam nasi yang telah ditanak menjadi menguning, kering, dan kadang basi. Kalau ENDEUSiast memiliki masalah yang sama, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa ENDEUSiast terapkan agar kejadian tersebut teratasi.

1/ Cuci Beras yang Bersih

Apakah ENDEUSiast sudah mencuci beras dengan bersih?

Kotoran yang menempel pada beras dapat menyebabkan nasi cepat kering ataupun basi, maka itu setidaknya ulangi pencucian sampai dua atau tiga kali.

ENDEUSiast bisa melakukannya dengan merendam beras dan membuang airnya, atau langsung menggunakan wadah berlubang kecil dan mencuci di air mengalir ya!

2/ Gunakan Takaran Air yang Pas

Memasak nasi dengan terlalu banyak air akan menyebabkan nasi cepat basi, sedangkan memasak dengan terlalu sedikit air akan menyebabkan nasi mudah mengering. Jadi, ENDEUSiast harus menakar air yang pas agar nasi awet.

Biasanya dalam rice cooker disediakan garis atau ukuran sampai mana ENDEUSiast harus menambahkan air. Kalau misal tidak ada, ENDEUSiast tinggal mengukur tinggi air dari permukaan beras yang setara dengan dua ruas jari.

Jeruk nipis juga bisa ditambahkan supaya bau yang tidak enak hilang dan nasi semakin pulen .

3/ Bersihkan Bagian dalam Rice Cooker

Rice cooker yang tidak terawat, biasanya dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun akan berubah kualitasnya. Panasnya jadi kurang merata sehingga suhu untuk menyimpan nasi tidak stabil. Akibatnya, perubahan warna lebih cepat terjadi dan nasi juga lebih mudah basi.

Untuk mencegahnya, rawatlah rice cooker dengan membersihkan paling tidak seminggu sekali. bukan hanya bagian luar, namun juga bagian dalam. Caranya mudah yaitu seka dinding bagian dalam rice cooker dengan kain bersih yang dibasahi air hangat. Lalu, lepas penutup bagian dalam rice cooker dan cuci sampai bersih.

Tutup rice cooker ini sangat penting karena berfungsi merapatkan dan melindungi nasi dari paparan udara yang membuatnya cepat kering ataupun basi.

4/ Ambil Nasi dari Pinggir

Kalau ENDEUSiast terbiasa mengambil nasi dari tengah, coba ganti kebiasaan tersebut. ini karena nasi yang berada di pinggiran lebih cepat mengering, sedangkan nasi yang ditengah lebih cepat basi dari yang di pinggir.

Sebaiknya ambil dari pinggir ke tengah, sehingga keduanya mengalami rotasi dan pergeseran yang bisa membuat nasi lebih awet.

Itulah langkah mudah supaya nasi tidak cepat menguning dan basi. Mudah bukan cara-cara tersebut? ENDEUSiast jadi tidak perlu membuang-buang nasi lagi dan dapat menyimpannya dalam waktu lama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.