Masak nasi kuning tapi kurang matang? Pasti saat proses memasak ada yang kurang tepat. Perlu solusi untuk mengatasi nasi yang kurang matang.

Apakah ENDEUSiast pernah mengalami masak nasi kuning tetapi hasil akhirnya menjadi kurang matang? Itu bisa jadi dikarenakan pada proses pemasakan ada yang salah. Ciri-ciri nasi kuning yang kurang matang adalah bila tergigit nasi terasa agak keras seperti beras.

Kesalahan ketika memasak memang kadang terjadi tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Belajar dari kesalahan itulah yang membuat kita harus memperbaikinya. Nah, maka dari itu mari simak tips di bawah ini agar nasi kuning buatanmu tidak gagal lagi alias kurang matang.

1/ Menggunakan Rice Cooker

Proses masak nasi kuning bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara diaron. Sebelumnya beras direndam dengan air kunyit, baru diaroni. Atau menggunakan cara kedua yaitu dengan rice cooker. Cara yang kedua ini cukup mudah karena ENDEUSiast hanya perlu memasukkan beras dan air kunyit, lalu tunggu hingga rice cooker memberi tanda matang.

Sekalipun teknik memasaknya berbeda tetapi bila diolah dengan tidak tepat maka keduanya juga bisa menghasilkan nasi kuning yang kurang matang. Salah satu penyebab kurang matang adalah kurangnya air ketika masak. Jika mengalami permasalahan seperti ini jangan langsung dibuang karena ENDEUSiast bisa menambahkan air ke dalam rice cooker dan tekan tombol cook. Tunggu hingga nasi kuning benar-benar matang.

2/ Menggunakan Dandang

Jika cara yang di atas tadi cukup praktis, kini kita beralih menggunakan dandang. Cara yang satu ini terbilang tradisional karena tidak menggunakan mesin atau listrik melainkan menggunakan alat dandang dan kompor. Cara ini dinamakan aron. Aron artinya adalah suatu teknik memasak nasi yang prosesnya adalah dengan memasak nasi dicampur air lalu biarkan hingga air menyerap kedalam beras.

Jika ENDEUSiast mengalami nasi kuning yang kurang matang pada saaat dimasak menggunakan dandang maka cobalah mulai sekarang untuk sering mengecek kondisi nasi sebelum diangkat. Untuk memastikannya, ambil sedikit nasi lalu makan. Disitu kau akan tau apakah nasi kuningnya sudah matang atau belum. Jika dirasa masih kurang matang, kukus lebih lama lagi sampai matang.

Mau menggunakan rice cooker atau dandang, pastikan untuk mengaduknya setelah matang ya. Uap panas yang terdapat pada dandang atau rice cooker harus dikeluarkan yaitu dengan cara mengaduknya. Bila tidak diaduk, takutnya nasi kuning akan cepat basi dan bau. ENDEUSiast tidak mau kan nasi kuningnya seperti itu apalagi bila hidangan tersebut nantinya disajikan untuk bekal anak.

Untuk melengkapi nasi kuning, ENDEUSiast bisa membuat ayam goreng krispi . Kriuknya dan gurihnya ayam goreng sangat cocok dihidangkan bersama nasi kuning yang hangat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.