Mengapa Minum Susu Lebih Dianjurkan Setelah Berolahraga Berat?
Mengapa Minum Susu Lebih Dianjurkan Setelah Berolahraga Berat?

Faktanya, setelah berolahraga berat, ada performa otot yang harus dipulihkan. Apakah air cukup bisa mengembalikan performa otot?

Faktanya, setelah berolahraga berat, ada performa otot yang harus dipulihkan. Apakah air cukup bisa mengembalikan performa otot?

Ketika Kamu usai berolahraga berat, minum air putih dingin atau air yang mengandung elektrolit sepertinya segar dan langsung menyegarkan tubuh. Dan memang dua jenis minuman ini yang paling sering menjadi pilihan untuk mengembalikan kebugaran setelah berolahraga.

Tetapi untuk olahraga berat, minum air putih hanya memenuhi kebutuhan akan dahaga, dan mengembalikan cairan yang hilang karena keringat . Faktanya, setelah berolahraga berat, ada performa otot yang harus dipulihkan. Apakah air cukup bisa mengembalikan performa otot? Ternyata tidak.

Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia di ajang ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini, biasa menyarankan para atlet untuk minum susu setelah olahraga, terutama setelah olahraga dengan intensitas berat. “Susu sekarang dinyatakan sebagai post-exercise drink nomor satu,” tegasnya dalam acara MilkVersation, Bicara tentang Kebaikan Susu yang diselenggarakan Frisian Flag Indonesia, di Jakarta, belum lama ini.

Fakta tentang Susu yang Kamu Harus Tahu

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menjelaskan, Indonesia salah satunegara di Asean dengan konsumsi susu terendah per kapita. “Tantangan terbesar kita adalah angka konsumsi susu masih di situ-situ saja. Dibandingkan Myanmar saja sudah tertinggal padahal GDP-nya jauh di bawah kita,” ujarnya.

Salah satu penyebabnya adalah mitos soal susu yang salah. Padahal, susu adalah sumber protein hewani yang bisa membantu mengentaskan masalah malnutrisi di Indonesia.

Dokter spesialis gizi Dr. Diana Suganda membenarkan hal itu. “Jangan mudah percaya mitos tanpa bukti ilmiah. Dengan segala mitos yang beredar, susu justru sangat kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan,” ujarnya,

Segelas susu (250 ml) mengandung energi sebesar 146 kkal, dan kaya akan makronutrisi, termasuk karbohidrat 12,8 gr (4% dari kebutuhan harian), protein 7,9 gr (16%), dan lemak total 7,9 gr (12%).

Susu juga kaya akan mikronutrisi seperti vitamin A, vitamin D, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. “Selain itu juga asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 yang penting untuk metabolisme tubuh,” tandasnya.

Minum Susu Harus Diimbangi Olahraga Agar Penyerapannya Maksimal

Penting diingat, lanjut Diana, penyerapan susu harus dibantu dengan aktivitas fisik . Asupan kalsium saja tanpa ditunjang olahraga berarti tidak ada umpan balik. “Hentakan kaki atau tarikan ototlah yang akan membuat tulang bertambah, dengan dukungan kalsium sebagai bahan pembentuk tulang,” ujarnya.

Kalau hanya memasukkan kalsium tanpa ada gerakan olahraga maka tabungan kalsium tidak akan terbentuk. Khusus untuk perempuan, menopouse membuat massa tulangnya menurun maka aktivitas fisik sangat penting.

Bonusnya aktivitas fisik selain baik untuk tulang juga hidupnya lama karena jarang terkena masalah kardiovaskular.

Manfaat Minum Susu Setelah Olahraga

Susu sangat dianjurkan diminum setelah aktivitas olahraga berat. Dr. Grace menjelaskan, susu memenuhi 5 prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga: re-energize, re-vitalize, re-build, re-oxygenate , dan re-hydrate .

Karbohidrat yang terkandung dalam susu cepat menggantikan ( re-energize ) cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga. Adapun kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dalam susu akan merevitalisasi ( re-vitalize ) otot.

Kandungan proteinnya akan membentuk kembali ( re-build ) tubuh dan otot. “Bila kita berolahraga dengan intensitas tinggi tapi kurang asupan protein, otot malah mengecil, sayang sekali,” terang dr. Grace. Sedangkan asupan zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot, dan kandungan air dari susu akan membantu rehidrasi tubuh.

Dr. Grace menambahkan, berolahraga tidak harus dengan alat atau pergi ke tempat khusus. Kamu bisa menggunakanlah meja untuk melakukan table push up untuk melatih otot trisep atau lakukan wall squad .

Lakukan gerakan-gerakan sederhana ini 15x3 set. “Yang penting kita aktif karena aktif itu sebenarnya mudah, dan sehat itu gampang dicapai. Kalau mau sehat harus olahraga, dan habis olahraga minum susu,” pungkasnya.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Endeustorial

Ikuti Instagram