Sajian ayam pedas adalah menu yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Berikut 5 menu ayam pedas populer Indonesia. Mana favorit ENDEUSiast?

Cita rasa pedas adalah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Salah satu bahan utama yang biasanya diolah menjadi masakan pedas adalah ayam. Perpaduan rasa pedas dan ayam yang gurih membuat hidangan pedas ayam selalu menggugah selera. Banyak sekali kreasi menu ayam pedas yang cocok sekali disantap menggunakan nasi hangat. Apa ENDEUSiast pernah mencoba salah satunya?

1/ Ayam Suwir Pedas Khas Bali

Sepintas tampilan ayam suwir khas Bali ini memiliki citarasa yang gurih. Ayam yang telah disuwir akan ditumis bersama bumbu-bumbu pedas dengan tambahan santan yang diungkep hingga ayamnya matang. Ayam suwir ini biasanya disajikan sebagai lauk pada nasi campur khas Bali.

2/ Ayam Jerit

Jika dilihat ayam jerit memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ayam suwir pedas khas Bali. Namun sebenarnya keduanya berbeda lho. Perbedaanya adalah ayam harus digoreng dahulu sebelum akhirnya disuwir dan ditumis dengan bumbu pedas. Ayam jerit juga diolah tanpa santan dan menggunakan perasan air jeruk nipis.

3/ Ayam Geprek

Siapa yang belum pernah mencicipi ayam geprek? Nampaknya harus banyak piknik deh kalau belum mencicipinya. Untuk membuat ayam geprek, ayam akan digoreng dahulu dengan balutan tepung, lalu ayam akan digeprek dengan sambal yang diulek. Ayam akan renyah dengan rasa pedas yang nampol.

Resep ayam geprek sendiri cukup mudah dan kreasi resep ayam geprek terletak pada sambalnya. Ada yang menambahkan tomat, terasi, dan sebagainya.

4/ Ayam Rica-Rica

Inilah salah satu hidangan yang paling banyak digemari. Ayam yang diolah dengan bumbu khas Manado ini akan terasa spesial karena ayam akan diungkep bersama bumbu rica yang pedas dengan tambahan serai dan daun jeruk. Rasanya akan meresap hingga ke tulang.

Ayam rica-rica akan sedap jika disantap bersama nasi hangat dan bawang goreng. Paduan rempah dan ayam akan membuat ENDEUSiast ketagihan.

5/ Ayam Balado

Tak lengkap rasanya jika membahas hidangan ayam pedas tanpa menyebut balado. Hidangan khas Minang ini juga selalu menggugah selera dimana ayam akan diungkep dengan bumbu sederhana, lalu digoreng bersama bumbu balado yang super pedas hingga meresap.

Balado biasanya dimasak menggunakan cabai yang ditumbuk kasar dengan tujuan untuk memunculkan tekstur si cabai. Biasanya balado dibuat menggunakan cabai merah, namun untuk variasi masakan, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan cabai hijau. Dengan cabai hijau ENDEUSiast akan mendapatkan rasa dan aroma yang berbeda.

Itulah beberapa kreasi hidangan ayam pedas yang wajib ENDEUSiast coba. Apa menu ayam pedas favoritmu? Bisakah ENDEUSiast memasaknya sendiri dirumah?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.