Gelas yang berbau tidak sedap memang menyebalkan. Namun hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Gelas adalah alat makan dasar yang sering digunakan oleh orang-orang. Ada banyak jenis dan bentuk gelas yang cantik, namun sayang bila gelas tersebut berbau tidak sedap. Bukankah mengerikan rasanya ketika akan minum jus stroberi , ENDEUSiast malah mendapati sisa-sisa bau gulai atau rendang. Maka dari itu, ini adalah cara supaya gelas kesayanganmu bisa terhindar dari bau tidak menyenangkan.

1/ Jangan Menumpuk Gelas dengan Alat Kotor Lain

Menumpuk gelas dengan alat lain yang sama atau lebih kotor akan menghasilkan bau tidak sedap pada gelas. Tentu bau dari alat lain bisa menyebar ke gelas. Kalau menumpuk saja tidak boleh, apalagi merendamnya dengan alat kotor lainnya. Ini akan mempercepat gerakan kuman penyebab aroma gelas tidak sedap.

2/ Cuci Pertama

Setelah memasak dan acara makan-makan, sudah pasti cucian akan banyak, termasuk cucian gelas. Rule yang harus diketahui adalah sebelum mencuci alat masak, sebaiknya alat makan dicuci duluan seperti piring, sendok, dan gelas. Tindakan ini bisa jadi mencegah terkontaminasinya alat masak terhadap gelas kesayangan. Jangan lupa bahwa bau bisa menular lewat air.

3/ Cuci dengan Tangan

Mencuci dengan tangan dapat membersihkan gelas secara lebih mendetail. Lebih baik tidak menggunakan alat pencuci piring otomatis karena alat makan dan masak hanya diguyur tanpa digosok, ini juga yang membuat partikel makanan pembuat bau amis jadi menumpuk.

4/ Keringkan dengan Lap Bersih

Mengeringkan merupakan kegiatan terakhir dalam mencuci gelas. Namun perlu diperhatikan bahwa mengeringkan barang harus dengan kain bersih. Jika menggunakan yang kotor, maka bau dari kain kotor tersebut akan tertransfer ke gelas yang dicuci. Selain itu, lap bersih menjadi kunci higienitas minuman yang tertuang.

5/ Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah lama terkenal sebagai jeruk yang dapat menghilangkan bau pada banyak alat makan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam sabun cuci piring yang akan digunakan. Jika kesulitan mencari jeruk nipis, bisa menggunakan kopi yang juga dapat menyerap bau tak sedap

6/ Bersihkan Rak Piring

Rak piring juga bisa menjadi sarang kuman penyebab bau pada alat masak. Rak kotor akan menempelkan kotoran dan bau di permukaan gelas. Jadi rak harus dibersihkan secara berkala, minimal seminggu sekali. Kedengarannya memang sulit, namun itu harus dijadikan kebiasaan baik.

Itulah tips untuk mengatasi bau pada gelas. Ketika gelas bersih dari bau, apapun minuman akan terasa lebih nikmat. Tidak perlu menikmati teh bau kikil, atau kopi bau soto lagi. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.