Memilih Superfood Lokal, cara Memulai Mencintai Negeri dan Tubuhmu
Memilih Superfood Lokal, cara Memulai Mencintai Negeri dan Tubuhmu

Untuk sehat, tidak harus ribet dan mahal

Keinginan masyarakat untuk hidup sehat memang tengah menanjak beberapa tahun belakang. Ragam alasan pun muncul, mulai dari menjaga kesehatan hingga kesadaran diri.

Tak heran saat ini kita dapat dengan mudah menemukan gerai-gerai makanan sehat bermunculan, hingga jenis-jenis bahan makanan yang diklaim lebih sehat dan memiliki kandungan baik oleh tubuh, atau yang kerap disebut superfood . Sayangnya, bahan-bahan tersebut lebih sering kita jumpai di supermarket premium, dengan label impor.

Indonesia sendiri ternyata memiliki berbagai bahan makanan yang masuk ke dalam kategori superfood. Bahkan, barang-barang tersebut dapat dijumpai dengan mudah di e-commerce terkemuka! Penasaran apa saja? ini dia beberapa diantaranya!

1/ Kacang Kedelai Hitam

Salah satu bahan utama dalam pembuatan kecap. Ini karena kandungan glutamat yang berfungsi untuk menyumbang rasa gurih.

2/ Ganyong

Banyak tumbuh liar dan dapat hidup di lahan kering. Kandungan serat dan zat besinya memiliki kandungan yang lebih tinggi dari kentang. Dulunya Ganyong berasal dari bagian selatan dan tengah Amerika (salah satunya Karibia). Biasa diolah sebagai tepung yang berguna dalam pembuatan kue hingga mie.

3/ Kacang Gude

Memiliki banyak nama, seperti Kance (Bugis), Ritik Lias (Batak Karo), dan Binatung (Makassar). Karena relatif tahan terhadap cuaca panas, tanaman ini sering dijadikan untuk penghijauan tanaman kering. Bagian kacang (polong) yang masih muda dapat digunakan sebagai sayur, lalapan, hingga rujak! Sedangkan yang berusia tua, dapat digunakan sebagai pengganti kedelai dalam pembuatan tahu atau tempe.

4/ Jali-Jali (Barley)

Dulunya, jali-jali merupakan makanan pokok Nusantara sebelum nasi dan jagung marak diperkenalkan. Warnanya putih bersih menyerupai mutiara. Saat ini masih banyak digunakan sebagai campuran memasak beras, ataupun dijadikan bubur manis.

5/ Garut (Arrowroot)

Sering digunakan sebagai pengganti nasi atau dibuat tepung. Sering dijadikan salah satu menu mpasi untuk balita. Salah satu hal unik dari tanaman ini, kebiasaan mengatupkan daun ke bagian atas saat malam, mirip menyerupai orang berdoa.

Ayu Nainggolan

Pemuja rasa dan penikmat cerita

Ikuti Instagram