Kepiting memang bukan hidangan yang disajikan setiap hari, namun tetap saja penggemarnya mencintai olahan kepiting ini. Yuk, kenali!

Masakan seafood memang memiliki basis penggemarnya tersendiri. Terlebih untuk mengkonsumsi seafood kini tak perlu repot, karena masakan seafood mulai dijual di warung-warung tenda dengan harga terjangkau, sehingga ENDEUSiast tak perlu repot ke pantai.

Salah satu binatang laut yang seringkali dikonsumsi adalah kepiting. Banyak sekali olahan kepiting dijual. Walaupun harga kepiting cukup tinggi, namun antusiasme masyarakat untuk mengkonsumsi kepiting tetap besar.

Dengan cangkang yang keras, memang membuat proses makan sedikit merepotkan, namun memberikan sensasi yang menyenangkan saat mengeluarkan daging dari cangkangnya. Eits, tapi sebelum mengolah kepiting nampaknya wajib mengetahui jenis-jenis kepiting.

1/ Kepiting Bakau

Sesuai namanya, kepiting bakau adalah kepiting yang dapat dengan mudah ditemukan di hutan bakau. Ciri yang paling telrihat dari kepiting bakau adalah karapas yang berbentuk bundar telur dengan tubuh memanjang.

Kepiting bakau berukuran sejengkal tangan manusia hingga 2-3 kali lipat dengan warna sesuai jenis kepitingnya. Misalnya saja kepiting bakal lumpur, maka warnanya akan menyerupai lumpur. Ada juga kepiting bakau oranye dengan warna oranye kemerahan bahkan kepiiting bakau lumpur hijau yang berwarna hijau keputihan. Banyak variasi resep kepiting bakau seperti Bakmie Kepiting dan Dadar Gulung Kepiting Ayam

2/ Kepiting Soka

Kepiting soka adalah pilihan tepat bagi ENDEUSiast yang tak mau repot memecahkan cangkang kepiting yang super keras, karena kepiting soka memiliki cangkang yang lunak. ENDEUSiast tak perlu repot dan berantakan. Biasanya kepiting soka dijual dalam keadaan beku.

3/ Kepiting Yuyu

Kepiting yuyu sangat mudah ditemukan di area persawahan, jadi yang suka ke sawah pasti tahu si yuyu ini. Yuyu sendiri sebenarnya dianggap sebagai hama. Walaupun begitu banyak masyarakat yang sering mengkonsumsi si yuyu ini walaupun yuyu hanya memiliki daging yang sedikit.

4/ Kepiting Rajungan

Jika ENDEUSiast bertanya, apa jenis kepiting yang paling populer? Kepiting rajungan lah jawabannya. Kepiting rajungan sendiri memiliki warna cangkang biru keputihan dengan bintik yang mengelilingi seluruh cangkangnya. Kepiting ini juga memiliki capit lonjong yang kecil sebagai alat pertahanan diri.

Kepiting rajungan dijual dengan harga yang terbilang mahal, namun rasanya yang guri manis empuk membuatnya banyak digemari, karena kepiting rajungan ini cocok diolah menjadi aneka olahan kepiting yang menggiurkan.

5/ Kepiting Kenari

Kepiting kenari termasuk ke dalam kepiting yang bercangkang besar dan lebih populer disebut sebagai kepiting kelapa. Ya, kelapa sendiri merupakan makanan dari kepiting ini. Selain itu, cangkang kepiting kenari juga sering digunakan untuk membantu mengupas serabut kelapa. Sayangnya kepiting kenari adalah kepiting yang mulai sulit ditemukan karena langka, sehingga jarang sekali ditemukan olahan kepiting kenari.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.