Tantangan membuat semur daging adalah membuat dagingnya empuk. Ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat dagingnya empuk. Simak yuk.

Siapa yang tak suka semur daging ? HIdangan yang satu ini sangat menggugah selera. Paduan bumbu rempah ditambah kaldu daging yang gurih tentu membuat siapapun tak bisa menolak kelezatannya. Ada yang pernah mencoba memasak atau membeli semur daging? Bagaimana rasanya? Sesuai perkiraan atau malah di luar perkiraan?

Semur memang masakan yang dibuat menggunakan bumbu rempah. Biasanya dibuat menggunakan bahan utama daging, baik itu daging ayam atau daging sapi. Jika semur dibuat menggunakan daging ayam mungkin saja ENDEUSiast tidak akan kesulitan, namun jika ENDEUSiast menggunakan daging sapi, nampaknya ENDEUSiast harus mengeluarkan kemampuan ENDEUSiast untuk membuat daging sapinya benar-benar empuk. Bagaimana caranya?

1/ Memukul Daging

Cara paling mudah untuk membuat daging benar-benar empuk adalah dengan memukul daging menggunakan palu. Memukul daging dengan palu akan membantu merenggangkan jaringan pada daging, sehingga daging akan menjadi lebih lemas dan empuk. Namun, jangan memukulnya terlalu kencang agar daging tidak hancur.

2/ Menggunakan Nanas

Nanas mungkin telah menjadi rahasia umum untuk melunakkan daging. Banyak sekali pemilik resto atau warung makan yang mengandalkan nanas ini sebagai kunci untuk melunakkan daging yang akan dijual nantinya. Selain alami, harga nanas di pasaran juga tak terlalu mahal.

ENDEUSiast cukup memarut buah nanas, dan balurkan ke seluruh bagian daging hingga merata. Setelah itu, diamkan beberapa saat. Cukup diamkan beberapa saat, karena jika terlalu lama hanya akan membuat daging hancur dan rasa dagingnya berubah.

Cara melunakkan daging dengan cara alami lainnya adalah menggunakan daun pepaya dimana ENDEUSiast harus membalurkan daun pepaya yang telah dicincang ke seluruh bagian daging. Selanjutnya biarkan selama 10 menit. Selanjutnya cuci bersih daging sebelum diolah.

3/ Menggunakan Baking Soda

Ternyata ada manfaat tersembunyi dibalik baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat adonan mengembang. Salah satunya adalah untuk membuat daging empuk.

Sayangnya, cara ini memang tak direkomendasikan, karena akan membuat warna daging berubah menjadi lebih gelap. Tetapi, bagi ENDEUSiast yang ingin memasak semur, cara ini bisa dipraktekkan

4/ Jeruk Lemon

Selain bermanfaat untuk kesehatan, penggunaan jeruk lemon juga bisa digunakan untuk memberikan rasa segar dan membuat daging lebih empuk. Balurkan air lemon ke seluruh permukaan daging dan diamkan beberapa saat di dalam kulkas.

Itulah beberapa cara untuk mengempukkan daging. Seenak apapun masakannya, kalau dagingnya alot tentu membuat nilai masakan tak sempurna dan kenikmatannya akan berkurang. Setelah mengetahui tips di atas, tak akan ada lagi rasa kecewa akibat daging yang alot. Saatnya mempraktekkan Resep Semur Daging .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.