Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Hidangan Pulung Nyepi terbuat dari bahan utama tepung beras. Dalam pemilihan tepungnya pun harus melihat dari sisi kualitasnya.

Hari raya identik dengan beragam sajian makanan yang khusus dinikmati bersama orang terdekat. Salah satunya perayaan acara keagamaan Nyepi yang diadakan oleh umat Hindu. Terdapat makanan yang wajib ada di setiap perayaan tersebut, namanya adalah Pulung Nyepi. Sajian tersebut berasal dari Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali.

Masyarakat Bali yang beragama Hindu biasa menyajikan Pulung Nyepi satu hari sebelum puncak acara. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian tersebut terdiri dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji lalu dicampur menjadi satu adonan dan dikukus hingga matang.

Cara membuat Pulung Nyepi tidak sulit. Adonan yang sudah dikukus tadi dibiarkan hingga dingin terlebih dahulu, baru dibentuk menjadi bulat dan agak memanjang. Setelah itu adonan direbus, kemudian tunggu hingga semua adonan muncul ke permukaan air rebusan. Tiriskan, lalu sajikan bersama parutan kelapa muda.

Terkesan gampang namun ENDEUSiast juga perlu memperhatikan kualitas dari bahan pembuatan Pulung Nyepi. Untuk menghasilkan adonan yang bagus dan lezat, maka pilihlah jenis tepung beras yang berkualitas. Bila salah dalam memilih tepung beras, maka hal ini akan berdampak pada rasa dari Pulung Nyepi tersebut.

ENDEUSiast harus bisa mengetahui ciri-ciri tepung beras yang berkualitas dengan penjelasan yang ada di bawah ini.

Warna Tepung Beras

Ciri-ciri tepung beras berkualitas adalah memiliki warna putih atau putih agak kekuningan. Tekstur dari tepungnya pun tidak menggumpal dan tidak tercium bau apek. Tepung beras yang baik memiliki tekstur yang halus dan menempel di tangan. Bisa ENDEUSiast coba tes di tangan. Ambil segenggam tepung berasnya lalu rasakan apakah kasar atau tidak. Bila ENDEUSiast menemukan ada gumpalan pada tepung, itu menandakan bahwa tepung beras tersebut sudah lama. Bila tepung terasa halus dan menempel di tangan, itu menandakan bahwa tepung masih baru dan layak untuk dipakai.

Kemasan Tepung Beras

Pastikan kemasan tepung berasnya masih tertutup rapat. Tepung beras yang berlubang tentu rentan masuknya kotoran, hewan hingga bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Sebelum membeli, ENDEUSiast harus teliti dalam melihat kemasannya.

Saring Tepung Beras

Sebelum dipakai, ada baiknya menyaring tepung berasnya terlebih dahulu. Bisa jadi ada kotoran, binatang atau kutu yang berada di dalam tepung. Sebenarnya bila ENDEUSiast membeli jenis tepung dari produk terpercaya mungkin akan minim adanya kotoran atau hewan namun tidak ada salahnya bila ENDEUSiast memastikan bahwa tepung tersebut benar-benar bersih dan siap untuk diolah.

Tepung beras juga banyak dipakai dalam pembuatan kue seperti kue cucur. Jadi, pastikan ENDEUSiast memilih jenis tepung beras berkualitas yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya