Rujak bisa dibuat dengan menambahkan bumbu petis. Ada yang belum tahu bumbu petis?

Bumbu rujak biasanya memang dibuat menggunakan gula jawa dan cabai sebagai bahan utama. Selebihnya adalah bumbu yang bervariasi. Misalnya saja ada yang menambahkan kencur ke dalamnya. Selain itu ada juga yang menambahkan petis untuk menambah kelezatan rujak.

Petis sendiri mungkin sudah familiar bagi sebagian orang ,namun juga masih terasa asing bagi sebagian orang. Petis sendiri adalah bumbu yang terbuat dari kepala udang berbentuk pasta dengan warna hitam. Petis memiliki rasa yang manis dan gurih.

Kepala udang mungkin dianggap sebagai bahan sisa, namun jangan salah kepala udang kaya zat antioksidan lho dan mampu memberikan aroma yang sangat pekat, sehingga sangat cocok jika dijadikan bumbu masak Rujak, Tahu Tek , Tahu Telur Bumbu Kacang

Petis identik dengan makanan khas Jawa Timur. Namun, petis juga cocok dijadikan bumbu pada rujak, sehingga penggunaan petis ini sangat fleksibel. Sayangnya tak jarang petis ini hanya dapat ditemukan di beberapa daerah saja.

Pembuatan petis sebenarnya tak sulit. Mari kita lihat apa perbedaan antara petis siap saji dan homemade.

Bahan Baku Pembuatan

Membuat petis udang sendiri memang membutuhkan waktu, namun tentunya petis akan dibuat menggunakan bahan yang benar-benar fresh, karena kita akan memilih sendiri bahan bakunya. Tidak mungkin kita memilih bahan yang tidak fresh. Kita tentunya juga akan mengolah petis ini secara higienis.

Berbeda dengan petis kemasan yang kita tidak tahu apakah bahan bakunya fresh? Bagaimana pengolahannya? Untuk memastikan kualitas petis kemasan yang siap pakai kita harus memastikan keamanannya dengan melihat ijin Depkes RI yang tertera pada kemasan.

Rasa dan Warna Petis

Tidak ada takaran yang tepat untuk menentukan enak dan tidaknya petis udang, sehingga saat membuat sendiri tak jarang rasa petisnya berbeda dengan ekspekstasi yang diharapkan. Sebaliknya, petis siap pakai memiliki rasa yang lebih terjamin. Saat membuat petis sendiri tak jarang warna petis juga tidak bisa sepekat petis udang kemasan. Namun, bukan berrti kita tidak bisa berhasil membuat petis udang homemade, karena jika tahu triknya, kita bisa mendapatkan petis udang yang lebih enak dan lebih pekat dibandingkan petis kemasan seperti menambahkan tinta cumi untuk mendapatkan warna petis yang lebih pekat.

Tingkat Keawetan

Membicarakan tingkat keawetan, maka petis kemasan jelas lebih unggul, karena petis udah homemade dibuat tanpa pengawet, sehingga anya bisa bertahan sekitar 14 hari saja. Berbeda dengan petis udang kemasan yang bisa bertahan hingga 2 bulan saat dimasukkan ke dalam lemari es. Beberapa industri petis bahkan juga mengklaim produknya mampu bertahan hingga 6 bulan. Kita harus jeli dan teliti dalam hal ini. Perhatikan bahan yang digunakan untuk mengawetkan petis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.