Rawon memiliki warna kuah yang hitam pekat, warna tersebut dihasilkan dari keluak. Pilih keluak yang berkualitas bagus untuk memasak rawon yang lezat.

ENDEUSiast pasti tahu rawon? Makanan yang satu ini memiliki warna kuah yang hitam pekat. Warna tersebut dihasilkan dari bumbu bernama keluak. keluak merupakan jenis tanaman liar yang bijinya digunakan sebagai bahan memasak rawon. Jika dilihat dari bentuk dan warnanya memang keluak tidak menarik tetapi bisa memberikan cita rasa unik yang berbeda pada masakan.

Dalam mengolah keluak pun tidak bisa sembarangan kalau salah dalam mengolahnya bisa membuat masakan menjadi tidak lezat dan juga membuat mabuk/keracunan. Di dalam keluak mentah terdapat kandungan hydrogen sianida yang cukup tinggi, maka dari itu ENDEUSiast harus bisa memilih dan mengolah keluakdengan benar. Berikut dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih dan mengolah keluak agar rawon lebih lezat.

1/ Memilih Keluak

Bila ENDEUSiast hendak membeli keluak di pasar tradisional maupun pasar swalayan, maka pilihlah keluak yang memiliki cangkang bersih dan berat. Jangan memilih cangkang yang ada jamurnya, itu menunjukkan bahwa kualitas keluak tersebut tidak bagus. Selain itu, pastikan keluak tersebut bagus dengan cara dikocok. Bila terdengar suara bunyi dan terasa berat ketika dikocok itu artinya keluak tersebut bagus dan sudah tua.

Tidak cukup sampai disitu, ENDEUSiast harus pecahkan beberapa keluak yang sudah dibeli tadi menggunakan ulekan lalu ambil isinya. Untuk memastikan kualitasnya, cek warna dari isi keluak. Jika warna dagingnya adalah hitam pekat dengan berbentuk bulat utuh,maka bisa dipastikan keluak tersebut bagus. Terkadang isi daging keluak masih terdapat lapisan yang ada di cangkangnya.

Jika ENDEUSiast menemukan keluak yang berwarna hijau atau hijau pekat itu artinya keluak masih belum matang, serta bila ada yang berwarna abu-abu dan berjamur sebaiknya langsung dibuang saja. Jangan digunakan karena akan membuat masakan menjadi tidak enak.

2/ Mengolah Keluak

Sebelum dicampurkan ke dalam masakan, ENDEUSiast harus memastikan rasa pada keluak. Cukup ambil sedikit dagingnya lalu jilat. keluak yang bagus adalah yang tidak terasa pahit. Bila ENDEUSiast merasa bahwa keluak terasa pahit lebih baik dibuang saja.

Ketika ENDEUSiast menemukan keluak yang masih menempel pada cangkangnya sebenarnya masih bisa digunakan asalkan warnanya hitam pekat dan ketika dicicipi tidak pahit atau asam. Untuk membuat isi dagingnya lepas dari cangkang, ENDEUSiast bisa merendamnya di air panas selama beberapa menit hingga daging keluaknya empuk dan mudah lepas dari cangkangnya.

keluak tidak hanya digunakan untuk masakan rawon saja, bila ENDEUSiast ingin berkreasi seperti membuat nasi goreng keluak juga bisa. Asalkan tetap mengikuti tips di atas agar menghasilkan masakan dengan rasa yang lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.