Bumbu soto saja sudah enak, apalagi jika ditambahkan koya sebagai pelengkapnya. Ada yang masih belum mengetahui cara membuat koya?

Jangan mengaku penggemar bumbu soto kalau belum mengetahui pelengkap soto yang satu ini. Koya sendiri telah akrab digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat soto, terutama Soto Ayam Lamongan tak pernah absen menggunakan bubuk koya.

Banyak yang salah kira bahwa bubuk koya adalah micin. Salah besar ya, karena koya pada dasarnya dibuat dan beberapa bahan seperti kerupuk dan bawang putih. Walaupun banyak sekali dijual koya instan, namun tak ada salahnya kan mencoba membuat koya sendiri.

1/ Menyiapkan Bahan

Untuk membuat koya, dibutuhkan dua bahan, yakni bawang putih dan kerupuk udang dengan perbandingan 1:2. Artinya, 1 siung bawang putih akan dicampur dengan 2 kerupuk udang. Murah meriah yah bahannya.

Kunci kelezatan membuat koya adalah dengan memilih kerupuk udang berkualitas dan memiliki kandungan udang paling tinggi. Biar semakin gurih, bisa juga membuat kerupuk udang sendiri. Pasti lezat. Jangan lupa jemur dahulu kerupuk udang agar lebih renyah saat digoreng.

2/ Menggoreng Bawang Putih

Kupaslah bawang putih dan cuci hingga bersih. Iris bawang sedikit agak tebal untuk menghindari gosong saat digoreng. Gunakan api sedang untuk menggoreng bawang, lalu aduklah bawang agar tidak mudah gosong dan segera angkat saat warnanya coklat.

3/ Menggoreng Kerupuk Udang

Gorenglah kerupuk udang yang telah dijemur dibawah sinar matahari sebelumnya. Menjemur kerupuk memang disarankan, karena jika tidak benar-benar keripik, kerupuk bisa melempem setelah digoreng. Jadi, sebaiknya jemur dahulu kerupuk yang akan digoreng nantinya.

Goreng kerupuk menggunakan wajan berbentuk cekung agar kerupuk terendam minyak seluruhnya dan matangnya merata. Agar mengembang, goyangkan kerupuk beberapa kali hingga kerupuk mengembang.

Masukkan kerupuk sedikit demi sedikit. Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan dalam menggoreng kerupuk adalah terlalu banyak memasukkan kerupuk. Akibatnya, kerupuk menjadi bantat dan tak renyah walaupun telah dijemur sebelumnya.

Gunakan api sedang dan jagalah suhu minyak agar tetap stabil dengan menambahkan minyak baru saat minyak telah digunakan dan mengeluarkan asap. Penambahan minyak bertujuan agar suhu minyak dapat normal kembali.

4/ Haluskan

Haluskan kedua bahan di atas, namun ENDEUSiast harus memastikan sudah tidak ada minyak yang menetes. Haluskan sedikit demi sedikit dan berikan tambahan penyedap secukupnya. Setelah halus sempurna, simpan koya di dalam wadah tertutup dan hindari menyimpannya di bawah sinar matahari. Simpan di tempat kering.

Itulah beberapa langkah untuk membuat koya. Tidak sulit dan ENDEUSiast bisa mempraktekkannya sendiri tanpa repot. Koya homemade buatan sendiri tentu lebih enak dan terjamin kualitas dan kebersihannya. Bahannya juga sangat mudah untuk ditemukan dengan harga terjangkau.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.