Cara Membuat Nasi Liwet Pakai Rice Cooker yang Praktis
Cara Membuat Nasi Liwet Pakai Rice Cooker yang Praktis

Cara Membuat Nasi Liwet Pakai Rice Cooker yang Praktis

Ingin membuat nasi liwet yang praktis untuk keluarga? Simak cara membuat nasi liwet pakai rice cooker yang praktis di bawah ini.

Nasi memang sangat erat kaitannya dengan makanan masyarakat Indonesia. Ada bebrapa jenis makanan dari olahan nasi yang berasal dari Indonesia. Berbeda dengan olahan nasi lainnya, nasi liwet ini biasanya disajikan ketika acara kumpul keluarga atau acara yang melibatkan banyak orang.

Nasi liwet ini biasanya dimasak dengan cara tradisional. Namun bila mau yang lebih praktis, kita juga bisa memasak nasi liwet dengan menggunakan rice cooker . Berikut ini beberapa cara membuat nasi liwet rice cooker .

1. Gunakan rice cooker anti lengket

Masalah yang sering dialami ketika memasak nasi liwet adalah bagian bawahnya gosong. Agar membuat nasi liwet lebih mudah, sebaiknya memilih rice cooker yang anti lengket. Dengan begitu, hasil nasi liwet akan lebih bagus dan bebas dari gosong di bagian bawah.

2. Gunakan beras berkualitas

Bila menggunakan rice cooker membuat kita nggak bisa mengatur besarnya api dan juga lamanya waktu pemasakan. Agar hasil nasi liwet tetap bagus dan enak, sebaiknya kita menggunakan beras yang pulen dan berkualitas. Beras yang pulen tentu saja akan membuat tekstur dan rasa nasi liwet nggak berbeda dengan yang dimasak secara tradisional.

3. Tumis bumbu terlebih dahulu

Salah satu ciri khas nasi liwet adalah menggunakan bumbu-bumbu untuk membuat aroma nasi semakin sedap. Namun sebelum bumbu dicampurkan ke dalam beras, sebaiknya bumbu ditumis terlebih dahulu.

Bumbu yang udah ditumis akan memberikan cita rasa dan aroma yang berbeda dengan olahan nasi yang lain. Sebenarnya nasi liwet nggak membutuhkan banyak bumbu, yaitu bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, dan bumbu aromatik lainnya. Setelah ditumis, baru campurkan bumbu ke dalam nasi yang siap dimasak.

4. Masak nasi dengan takaran seperti biasa

Pada dasarnya membuat nasi liwet dengan rice cooker sama dengan memasak nasi pada umumnya, termasuk takaran air. Agar rasa nasi liwet tetap lezat dan teksturnya pas, kita juga perlu mengenal karakteristik beras.

Ada beberapa jenis beras yang membutuhkan lebih banyak air dari pada jenis yang lain. Biasanya beras pulen membutuhkan air sebanyak setengah buku jari. Namun beras yang pera membutuhkan air lebih banyak dari itu.

5. Tambahkan lauk

Nasi liwet sunda biasanya dimasak bersama dengan lauk. Kita bisa menambahkan lauk sesuai dengan selera misalnya ikan teri yang sudah digoreng, abon, daging ayam, hingga petai. Usahakan memilih lauk yang mudah matang sehingga nantinya bila nasi sudah matang lauknya juga ikut matang.

Bila nasi matang, segera buka rice cooker dan aduk nasi liwet. Mengaduk nasi liwet sesaat setelah matang membantu tekstur nasi menjadi lebih bagus.

Endeustorial

Ikuti Instagram