Bosan dengan nasi yang kita santap? Coba saja tambahkan beberapa bahan-bahan berikut ini agar nasi terasa lebih Endeus.

Sebutkan satu makanan pokok yang pasti kita konsumsi sehari-hari. Ya, nasi adalah jawabannya. Nasi menjadi makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari. Namun, pernahkah ENDEUSiast merasa bosan dengan nasi putih yang ENDEUSiast santap setiap harinya?

Biar tidak bosan, yuk coba berkreasi menambahkan beberapa bahan untuk memberikan aroma pada nasi yang menambah nafsu makan. Bahan apa saja yang bisa ditambahkan?

1/ Mentega

Menambahkan mentega pada nasi menjadi cara yang praktis dan mudah untuk menambahkan kenikmatan nasi. Tambahkan mentega satu sendok makan pada nasi yang panas, lalu aduk merata. Selain memberikan aroma, mentega mampu memberikan rasa yang gurih pada nasi sehingga keluarga akan semakin lahap.

2/ Keju

Keju juga bisa ditambahkan pada nasi untuk memberikan aroma yang khas. Dengan keju, ENDEUSiast bisa mendapatkan nasi dengan paduan rasa gurih, manis, dan asam. Caranya mudah saja, yakni masukkan keju parut langsung ke dalam nasi yang panas dan selesai dimasak.

3/ Daun Pandan

Menambahkan daun pandan sudah menjadi rahasia umum jika mampu memberikan aroma yang wangi, karena ia kerap kali digunakan pada masakan Indonesia, seperti kolak dan dawet. Tak hanya pada makanan, daun pandan juga sering digunakan untuk menambahkan aroma pada minuman.

Daun pandan yang wangi juga bisa digunakan untuk menambah aroma pada nasi dengan memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu masukkan ke dalam air dan beras yang akan dimasak. Biarkan menjadi nasi, dan buang daun pandan setelah nasi matang.

4/ Serai

Serai juga sangat cocok dijadikan penambah aroma pada nasi. Rasanya pun akan cocok di lidah, karena sereh kerap kali dijadikan bumbu pelengkap dalam memasak, terutama hidangan oriental, namun ENDEUSiast harus menggepreknya dahulu ya agar aromanya keluar, ya.

5/ Daun Jeruk

Daun jeruk juga akrab sekali digunakan pada masakan Indonesia, seperti aneka soto seperti Soto Kudus , Soto Ayam Lamongan , Soto Betawi dan pepes. Untuk memberikan aroma pada nasi, masukkan irisan daun jeruk yang tipis pada beras yang akan dimasak.

6/ Kayu Manis

Dengan kayu manis, maka nasi akan menjadi lebih wangi dan segar. Tambahkan kayu manis sepanjang 4-5 cm ke dalam nasi yang akan dimasak. Sebaiknya menggunakan kayu manis yang masih berbentuk batangan, bukan yang berbentuk bubuk. Biasanya kayu manis bubuk memiliki aroma yang lebih kencang dan menyengat, sehingga kurang cocok digunakan dalam memasak nasi.

7/ Bawang

Cek dapur, deh . Pasti ibu selalu memiliki umbi yang satu ini. Selain digunakan untuk menambah rasa dan bumbu pada masakan, ternyata bawang juga bisa digunakan untuk menambah aroma pada nasi. ENDEUSiast bisa langsung menambahkan potongan bawang pada air beras yang akan dimasak atau tumis dahulu bawang yang akan dimasukkan dengan sedikit minyak.

8/ Daun Kari

Jika kebetulan dapur rumah ENDEUSiast memiliki persediaan daun kari, tak ada salahnya untuk mencampurkan daun aromatik tersebut saat membuat nasi. Cuci bersih daun kari, kemudian petiki daun dari tangkainya. ENDEUSiast bisa langsung mencampurkan pada nasi sebelum dimasak, atau menumisnya terlebih dahulu bersama sedikit bawang merah atau bawang putih.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.