Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Nasi kuning identik dengan perayaan hajatan atau syukuran karena memiliki citra rasa yang gurih serta warna kuning yang khas.

Di Indonesia, bila ada hajatan maupun syukuran maka akan dirayakan dengan makan-makan. Salah satu makanan yang wajib ada pada perayaan tersebut adalah nasi kuning. Cita rasanya yang gurih menjadikan hidangan ini akan sangat cocok bila ditambahkan dengan menu lainnya seperti telur, tempe, ayam dan sambal.

Membuat nasi kuning sebenarnya cukup mudah, tetapi tetap saja masih banyak yang gagal pada proses pembuatannya. Kemungkinan mereka masih belum paham dan perlu mengetahui tips membuat nasi kuning yang enak. Bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk mengetahui tipsnya, mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Mencuci Beras

Sama dengan ketika ENDEUSiast hendak memasak nasi biasa, untuk membuat nasi kuning yang harus ENDEUSiast lakukan adalah mencuci berasnya terlebih dahulu. Cuci hingga beras benar-benar bersih. Beras yang bersih nantinya akan membuat warna nasi kuning lebih menarik. Selain itu pilihlah beras yang berkualitas bagus untuk menghasilkan nasi kuning yang lezat.

2/ Masak dengan Air Panas

Masak beras dengan menggunakan air mendidih. Jangan masukkan beras bersamaan dengan air karena akan membuat nasi kuning tidak matang dengan sempurna. Untuk penggunaan airnya pun tidak boleh terlalu banyak karena nantinya perlu menambahkan santan cair pula. Bila air terlalu banyak maka kemungkinan besar nasi kuning akan menjadi lembek atau justru menjadi bubur. Jadi ENDEUSiast harus lebih berhati-hati dalam menakar air dalam memasak beras.

3/ Menggunakan Santan

Ini adalah bahan penting dalam hidangan nasi kuning. Gunakanlah santan yang masih segar jangan beli yang sudah berbentuk kemasan. Lebih bagus bila ENDEUSiast membeli kelapa utuh lalu memarutnya sendiri dirumah kemudian peras hasil parutan tersebut agar menjadi santan cair. Menggunakan santan kemasan justru akan membuat nasi kuning menjadi kurang lezat dan aromanya pun tidak seperti menggunakan santan kelapa hasil parutan sendiri.

4/ Menggunakan Rempah-Rempah

Membuat nasi kuning juga diperlukan tambahan rempah-rempah agar hasilnya lebih enak. Bahan rempah yang dibutuhkan adalah daun salam, dan jeruk, daun sereh dan tentunya tidak lupa kunyi yang menjadi bahan utama terciptanya warna kuning pada nasi. masukkan rempah bersamaan dengan santan agar rasa rempah dan aroma santan bisa menyatu sempurna. Jika rempah tidak dimasukkan bersamaan dengan santan maka rasanya akan kurang merata.

Demikianlah tips mengenai membuat nasi kuning yang enak. Asalkan ENDEUSiast memperhatikan semua tips di atas maka nasi kuning buatanmu akan menjadi hidangan yang lezat menggugah selera. Jangan lupa untuk memasukkan rempah-rempah yang telah dijelaskan di atas, karena nasi kuning tidak akan nikmat bila tidak ditambah rempah-rempah. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.