Mie ayam banyak disukai oleh setiap orang. Rasanya yang gurih dengan teksturnya yang kenyal memberikan kelezatan di lidah.

Melihat mie ayam yang dijual di warung makan rasanya sungguh menggugah selera. Apalagi terdapat berbagai campuran daging ayam, sayur sawi, pangsit hingga bakso dan tidak lupa taburan bawang goreng diatasnya. Itulah yang menjadi daya tarik bagi hidangan yang satu ini. Tidak heran bila banyak restoran yang menjadikan mie ayam sebagai menu andalannya.

Namun, apa jadinya kalau mie ayam yang disajikan memiliki tekstur yang keras dan menggumpal. Pasti sudah tidak tertarik untuk menyantapnya kan. Sebelum hal itu terjadi sebaiknya simak tips dibawah ini cara membuat mie ayam yang kenyal dan tidak menggumpal.

1/ Lama Merebus

Untuk menghasilkan mie ayam yang kenyal salah satunya tips adalah dengan memperhatikan lama merebus mie. Jika merebus terlalu cepat maka mie menjadi tidak matang dan cenderung bertekstur keras sedangkan bila merebus terlalu lama juga dapat membuat mie lembek. Jangan ditinggal ketika memasak mie, bila dirasa sudah matang dan teksturnya empuk segera angkat dari panci.

2/ Manfaatkan Minyak Goreng

Cara sederhana lainnya yang bisa ENDEUSiast terapkan untuk membuat mie ayam kenyal dan tidak menggumpal adalah dengan memanfaatkan minyak goreng. minyak goreng tidak hanya berguna untuk menggoreng saja tetapi bisa digunakan untuk membuat mie agar tidak menggumpal.

Caranya adalah dengan mengolesi minyak goreng secukupnya ke mie atau bisa juga tuang sedikit ke air rebusan mie. Mie yang telah tercampur minyak ketika kena air tidak akan menjadi lengket atau menggumpal lagi.

3/ Gunakan Air Dingin

ENDEUSiast juga bisa memanfaatkan air dingin untuk membuat mie ayam agar tidak menggumpal dan lengket. Cara mengaplikasikannya pun mudah, ENDEUSiast cukup merebus mie hingga setengah matang. Setelah itu tiriskan mie hingga tidak ada air lagi lalu masukkan ke dalam air dingin. Aduk merata hingga mie tidak lagi lengket dan menggumpal. Nah, barulah ENDEUSiast bisa merebus kembali mie tersebut untuk disajikan sebagai hidangan mie ayam.

jadi itulah tips sederhana yang bisa ENDEUSiast terapkan untuk membuat mie ayam agar tetap kenyal dan tidak menggumpal. Rasanya tidak enak kan bila menyantap mie ayam yang menggumpal, tentunya akan menganggu selera makan kita.

Selain mie ayam, ENDEUSiast juga bisa menerapkan cara ini baik untuk mie goreng atau mie rebus sesuai dengan kreasi ENDEUSiast. Untuk resep hidangan lain menggunakan olahan mie bisa mencoba resep mie yamin kuah yang tidak kalah enak dari mie ayam. Mau tahu gimana rasanya? Daripada penasaran mending coba buat dirumah ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.