Walaupun libur, makanan harus tetap dijaga ya. Jangan sampai karena libur, ENDEUSiast jadi kalap deh. Yuk buat makanan sehat untuk mengisi hari libur.

Libur telah tiba. Saatnya bermalas-malasan, loh kok malas-malasan sih? Kita tetap punya kewajiban untuk memberikan tubuh makanan yang sehat. Bagi Endeusiast yang sudah berkeluarga, tentu memiliki kewajiban untuk menyajikan makanan sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Kesehatan keluarga tergantung ibu loh. Jadi mari siapkan makanan bergizi bagi keluarga agar kondisi badan tetap fit dan sehat. Ibu bisa memasukkan sayur dan camilan ringan yang ditambah buah-buahan.

1/ Ide Sarapan Sehat

Sarapan adalah awal mula untuk memulai hari, pastikan makanan yang masuk adalah makanan sehat. Dengan sarapan, maka kita akan terhindar dari nafsu ngemil yang berlebihan saat siang hari. Buatlah sarapan yang kaya serat dan membuat kenyang lebih lama, seperti oat dengan buah dan susu low fat. Ibu bisa juga membuat waffle dengan selai kacang dan madu. Jika ingin sarapan gurih, omelet dengan campuran sayuran seperti brokoli, paprika, dan bayam bisa juga dijadikan pilihan. Sebaiknya kurangi tambahan gula dan minyak.

2/ Cemilan Sehat Pengganjal Perut

Sebelum makan siang tiba, biasanya perut sudah minta jatah lagi. Ibu bisa menyiapkan camilan sehat sebagai selingan untuk keluarga. Hindari menyajikan camilan yang tinggi kalori, gula, apalagi MSG seperti keripik-keripik. Sediakan buah-buahan kering dan kacang untuk membuat perut sedikit terganjal. Jika memang diperlukan berikan camilan potongan buah atau sediakan stok jus buah di kulkas dan sajikan dengan popcorn tanpa butter. Ada inspirasi jus sehat yang bisa ibu intip di sini

3/ Makan Siang Sehat

Untuk makan siang tak ada salahnya ibu membuka-buka resep. Mumpung liburan bisa deh masak dengan tekniik yang sedikit rumit. Tapi harus tetap sehat ya bu. Tetap utamakan sayur dan pastikan tampilannya menarik agar tidak bosan. Ibu bisa menggunakan aneka sayur berwarna seperti paprika, wortel, kol, brokoli agar sayur memiliki warna yang beragam.

4/ Menyiapkan Makan Malam

Untuk menyiapkan makan malam, libatkan si kecil dalam menyiapkan makan malam. Ibu bisa meminta bantuan si kecil sekaligus mengajarkan kepedulian kepada si kecil. Ibu bisa meminta tolong si kecil mencuci sayuran atau memetiki sayuran.

Untuk resep makan malam ibu bisa menumis sayuran dengan tambahan daging yang bebas lemak. Pilih saja sayuran seperti paprika, brokoli, pak choy, dan berikan tambahan bumbu berupa jahe, kecap, dan bawang putih. Gunakan minyak wijen untuk memasak.

Selanjutnya, ganti nasi dengan nasi merah yang lebih sehat. Ibu juga bisa menambahkan paprika ke dalam nasi goreng dengan tambahan sayur lain seperti brokoli, wortel, dan jagung.

Nasi goreng yang kaya sayuran ini tak hanya membuat selera makan meningkat, namun juga kaya akan Omega 3 yang baik untuk kesehatan keluarga.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.