Ingin membuat lontong sendiri di rumah, tapi tidak tahu caranya. Tenang, ada cara mudah membuat lontong daun pisang menggunakan panci presto. Praktis!

Selama ini bila ENDEUSiast membeli sate pasti ada pilihan mau pakai nasi atau lontong. Nah, pernahkah ENDEUSiast terpikir untuk membuat lontong sendiri di rumah? Sama halnya dengan nasi biasa hanya saja lontong ini merupakan beras yang direbus menggunakan air hingga hasil akhirnya merupakan nasi padat berbentuk lonjong.

Jika ENDEUSiast ingin mencoba membuat lontong daun pisang di rumah, yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah-langkah membuat Lontong Daun Pisang:

1/ Cuci beras

Langkah pertama yang harus ENDEUSiast lakukan dalam membuat lontong adalah mencuci terlebih dahulu berasnya. Bilaslah beras kira-kira 4 sampai 6 kali agar bersih. Harus benar-benar bersih karena kalau beras bersih maka lontong pun akan menjadi lebih awet. Untuk menghasilkan lontong yang padat dan pulen maka tambahkan air kapur sirih secukupnya dan biarkan terendam selama 30 menit.

2/ Bersihkan daun pisang

Inilah yang menjadi komponen penting dalam membuat lontong yaitu daun pisang. Daun pisang digunakan untuk melapisi lontong. Pilihlah daun pisang batu karena jenis tersebut memiliki ciri khas daun yang tidak mudah robek, menghasilkan bau harum dan warna yang hijau pekat. Sebelum beras diletakkan di daun pisang, bersihkan terlebih dahulu menggunakan lap agar kotorannya terangkat.

3/ Membentuk daun pisang

Setelah daun pisang selesai dibersikan, ENDEUSiast sudah bisa mulai untuk gulung daun pisang menggunakan jari hingga menyerupai pipa. Bagian daun yang licin dimasukkan ke dalam agar bisa nampak warna hijau pekat. Jangan lupa tutup bagian ujung bawahnya menggunakan lidi atau sejenisnya agar ketika beras dimasukkan tidak akan tumpah ke bawah.

4/ Isi beras

ENDEUSiast bisa langsung mengisi beras ke dalam daun pisang yang telah dibentuk tadi. Perhatikan baik-baik ketika mengisi beras. Isilah beras setengah saja agar ketika direbus beras tidak akan tumpah. Setelah terisi, tutup bagian atasnya dengan lidi juga dan beras siap untuk direbus.

5/ Merebus beras

Setelah semuanya rapih, mulailah untuk menata beras ke dalam panci presto dengan posisi berdiri agar beras bisa matang dan padat sempurna. Lalu, isilah air secukupnya sampai cetakan lontongnya terendam penuh. Seluruh cetakan harus benar-benar terendam air agar mendapatkan hasil yang matang sempurna. Mulailah merebusnya sekitar 45 menit, setelah matang tiriskan dan biarkan dingin. Lontong pun siap dihidangkan.

Mudah kan membuat lontong daun pisang modal presto? Hal yang harus ENDEUSiast perhatikan adalah saat membentuk daun pisangnya serta ketika hendak memasukkan berasnya ke dalam cetakannya. Makan lontong akan lebih nikmat bila dikombinasikan dengan sate atau masakan lainnya seperti tahu tek . Tertarik untuk membuat lontong dirumah? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.