Membuat Jajanan/Street Food Sosis Bakar Lezat di Rumah
Membuat Jajanan/Street Food Sosis Bakar Lezat di Rumah

Jajanan/street food seperti sosis bakar kini sangat digemari oleh banyak orang. Yuk, buat sendiri di rumah.

Sosis bakar kini telah menjadi salah satu jajanan/street food favorit orang Indonesia. ENDEUSiast bisa dengan mudah menemukan berbagai stand makanan yang menjual sosis bakar. Jajanan sosis bakar yang enak ternyata bukan hanya dari pemilihan jenis sosisnya maupun bumbunya saja tetapi juga harus mementingkan beberapa aspek lainnya seperti persiapannya, pemilihan jenis sausnya hingga cara membakarnya pun perlu diperhatikan.

Bila salah sedikit saja dalam proses pembakaran tentu hasil sosisnya bisa saja malah jadi gosong. ENDEUSiast tidak mau kan kalau hal itu terjadi? Maka dari itu perhatikan beberapa tips di bawah ini agar sosis bakar yang ENDEUSiast hasilkan menjadi lezat.

1/ Mempersiapkan Sosis

Ada banyak jenis sosis yang dijual di pasaran tetapi tidak semuanya enak bila dijadikan sebagai sosis bakar. Pilihlah sosis yang memiliki kualitas baik dan aman untuk dikonsumsi. Ciri-ciri sosis yang berkualitas bagus diantaranya tercium aroma daging yang alami, ketika dipotong akan terlihat permukaan daging yang kasar, warnanya yang tidak luntur ketika dibakar dan dari segi harga biasanya relatif mahal. Beberapa jenis sosis yang bisa ENDEUSiast gunakan diantaranya adalah frankfurter, weiner dan bratwurst. Ketiga bahan tersebut cocok bila dibakar dengan menggunakan saus BBQ.

2/ Memberi Bumbu pada Sosis

Dari sekian banyak bumbu sosis ada salah satu yang paling cocok dijadikan sebagai sausnya yaitu bumbu saus BBQ. Ciri khas dari saus ini adalah rasanya yang gurih, manis dan sedikit terasa pedas.

Untuk membuat saus BBQ, ENDEUSiast memerlukan beberapa bahan diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lada hitam, kecap manis dan saus tomat. Tumis bawang dan cabai terlebih dahulu hingga harum baru masukkan bahan lainnya dan masak hingga matang. Tinggal oleskan saja bumbu tersebut pada sosis sebelum dibakar. Gunakan juga saus pedas agar bumbunya semakin terasa.

3/ Membakar Sosis

Jika sosis sudah dilumuri oleh bumbu BBQ maka waktunya untuk proses pembakaran. Ada 2 cara untuk membakar sosis, bisa dilakukan di atas panggangan khusus sosis atau bisa juga dengan menggunakan pan grill dan dibakar di kompor. Gunakan api sedang dan sesekali untuk membalik sosisnya agar matangnya merata dan tidak cepat gosong. Untuk menjaga lemak sosis agar tidak terbuang sia-sia maka ENDEUSiast bisa menggunakan alat penjepit khusus sosis. Alat ini juga bermanfaat untuk menjaga bentuk dari sosisnya.

Salah satu contoh resep jajanan yang bisa ENDEUSiast tiru di rumah adalah sosis bakar bumbu lada hitam . Tertarik untuk mencobanya sekarang?

Endeustorial

Ikuti Instagram