Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Fillet ikan adalah salah satu bagian ikan yang bisa dimasak dengan mudah. Namun bagaimana cara membuat fillet ikan?

Bagi sebagian orang, duri ikan memang bisa sangat mengganggu. Sehingga banyak orang yang memilih fillet ikan yang lebih praktis dan tidak perlu lagi berurusan dengan duri ikan. Fillet ikan ini biasanya digunakan untuk masakan seperti bakso ikan, sate ikan, ikan saus , dan sebagainya. Membuat fillet ikan juga tidak seseram yang dibayangkan. Berikut ini cara mudah membuat fillet ikan yang bisa ENDEUSiast lakukan di rumah.

1/ Pilih Ukuran Ikan

Hal utama yang harus diperhatikan ketika membuat fillet ikan adalah ukuran ikan. Ikan yang bisa di fillet dengan mudah adalah ikan berukuran sedang hingga besar. Ikan kecil sebaiknya tidak perlu di fillet karena nanti hanya akan membuat daging ikan hancur ketika terkena pisau. Selain itu untuk ikan-ikan tertentu seperti belut, cara memf-filletnya juga berbeda dari ikan pada umumnya.

2/ Ikan Harus Segar

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan ketika membuat fillet ikan adalah ikan yang digunakan harus segar. Ikan sebaiknya bukan ikan yang sudah disimpan berhari-hari di dalam freezer karena tekstur dagingnya mudah lembek dan mudah hancur. Daging ikan yang masih segar bertekstur kenyal dan mudah dipotong. Setelah ikan dijadikan fillet, barulah daging ikan bisa disimpan dalam freezer untuk waktu yang cukup lama. Cara ini lebih mudah daripada harus menyimpan ikan secara utuh di dalam freezer.

3/ Pastikan Pisau Tajam

Ketika membuat fillet ikan, pisau yang digunakan harus sangat tajam. Hal ini karena proses pemisahan ikan dari durinya harus dilakukan dalam satu gerakan. Pisau yang tumpul akan sangat menyulitkan dan malah bisa melukai jarimu. Selain itu, menggunakan pisau yang tumpul juga beresiko membuat daging ikan hancur serta membuat banyak daging ikan yang tertinggal pada duri ikan. Sehingga fillet ikan menjadi lebih tipis karena masih banyak daging yang menempel pada durinya.

4/ Pilih Bagian Ikan

Bagian yang biasanya digunakan untuk fillet adalah bagian perut ikan. Bagian sekitar ekor sebaiknya tidak digunakan untuk fillet karena kualitasnya kurang bagus. ENDEUSiast bisa memulai membuat fillet ikan dari bagian punggung ikan dan maju ke bagian perut.

5/ Siapkan Talenan

Selain pisau yang harus tajam, ENDEUSiast juga perlu mempersiapkan talenan sebagai alas untuk membuat fillet. Pilih talenan atau permukaan yang tidak licin sehingga nantinya akan lebih mudah membuat fillet ikan. ENDEUSiast juga bisa meletakkan serbet di bawah talenan, agar talenan tidak bergeser ketika sedang membuat fillet ikan.

Membuat fillet ikan memang terlihat susah. Namun dengan langkah-langkah yang tepat, membuat fillet ikan menjadi lebih mudah. ENDEUSiast hanya perlu berlatih dan menggunakan teknik yang tepat untuk membuatnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.