Membuat Es Segar dari Buah? Ikuti Tips Berikut ini

Buah memiliki rasa yang beraneka ragam seperti manis dan asam. Selain itu tekstur buah juga bervariasi. Ada buah yang lembut, kenyal, berair, hingga renyah. Tentu ENDEUSiast juga tahu kalau buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Hal inilah yang membuat buah-buahan adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan es segar.

Kamu perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat es buah. Jangan sampai manfaat yang dimiliki buah tidak bisa kamu nikmati. Oleh sebab itu, simak tips dari Endeus.tv berikut ini, ya.

1/ Memilih buah

Semua buah memang memiliki banyak manfaat dan rasa yang unik. Namun, tidak semua buah bisa kamu pakai untuk membuat es segar. Pilihlah buah yang tidak terlalu lembek agar tidak hancur saat diproses menjadi es segar.

2/ Kematangan buah

Pilihlah buah yang memiliki kematangan yang sama. Jangan sampai kamu memadukan buah yang belum matang atau buah yang justru terlalu matang. Pilihlah buah yang matang dan segar, dengan begitu cita, tekstur, dan manfaat buah yang kamu pilih bisa optimal.

3/ Cita rasa buah

Pilihlah buah dengan cita rasa yang berbeda beda. Kamu bisa memadukan pisang dengan cita rasa yang manis dengan strawberry yang asam. Campuran cita rasa yang berbeda ini adalah kunci agar es segar buahmu nikmat.

4/ Ukuran buah

Potonglah buah dengan ukuran yang sama. Potonglah dengan ukuran yang cukup dimasukkan ke dalam mulut. Jangan terlalu besar dan juga terlalu kecil. Ukurann 2-3 cm meter adalah ukuran yang ideal.

5/ Memilih es

Gunakan es yang dibuat dari air yang matang. Jika kamu ragu membeli es di warung, kamu perlu membuatnya sendiri di rumah. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu tentu tidak mau malah sakit setelah meminum es segar buah, bukan? Kamu bebas menentukan ingin menggunakan jenis es. Kamu bisa membuat es serut atau es balok.

6/ Kuah es segar

Banyak sekali pilihan kuah yang bisa digunakan untuk membuat es segar. Kamu bisa memilih berbagai pilihan kuah berikut ini.

Sirup dan susu kental manis

Kuah sirup yang dipadukan dengan susu kental manis banyak disukai oleh orang. Cita rasa yang manis cocok banget untuk buah-buahan segar. Campurkan dengan air agar tidak terlalu manis dan malah membuat es buahmu menjadi eneg.

Santan

Santan juga enak sebagai kuah es segar. Padukan juga dengan daun pandan agar rasa dan aromanya semakin lezat. Perlu diingat juga, jangan terlalu berlebihan menyantap santan, ya. Sebab santan mengandung lemak jahat yang bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuhmu.

Squash

Squash memiliki tekstur yang lebih cair daripada sirup. Selain itu, cita rasanya lebih segar karena merupakan perpaduan soda dan sari buah. Pilih mana hayo?

Nah, itu tadi beberapa tips dari Endeus.tv. Semoga bermanfaat. Selain es buah, es kopyor juga menyegarkan tubuh, loh. Intip resepnya di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.