Membuat Es Pisang Ijo Menggunakan Daun Pandan dan Suji Tanpa Pewarna
Membuat Es Pisang Ijo Menggunakan Daun Pandan dan Suji Tanpa Pewarna

Salah satunya adalah pewarna yang membuat kulit tepungnya berwarna hijau. Lalu apakah akan menggunakan pewarna makanan atau alami?

Es pisang ijo menjadi hidangan yang selalu diburu. Penganan khas Makassar ini sukses menarik hati pecinta kuliner untuk mencicipinya. Dengan warna kulit hijau yang mencolok dengan isian pisang didalamnya, es ini nantinya akan disiram menggunakan kuah yang dibuat dari santan.

Sayangnya ada beberapa orang yang takut mengkonsumsi es pisang ijo ini, karena warnanya yang hijau bisa dibuat menggunakan pewarna yang berbahaya. Biasanya pedagang nakal yang melakukannya demi keuntungan yang lebih banyak. Jika begini, sebaiknya ENDEUSiast mencoba membuat sendiri es pisang ijo dengan menggunakan pewarna alami.

Menggunakan pewarna alami memang sedikit repot, namun tentu lebih sehat dan rasanya akan jauh lebih enak. Ada dua daun yang dapat ENDEUSiast gunakan, yakni daun pandan dan daun suji. Tapi ada perbedaan dari kedua daun ini. Apa saja? Keduanya memiliki fungsi masing-masing yang wajib diketahui

1/ Bentuk Fisik

Daun pandan memiliki bentuk memanjang nan runcing dengan warna hijau muda dan daun yang mengkilap dengan tulang daun di tengahnya. Untuk daun pandan yang sudah tua biasanya paa bagian tepinya terdapat gerigi yang harus dihilangkan agar tak melukai kulit. Sementara itu, daun suji yang berwarna hijau tua gelap memiliki bentuk meliuk yang tidak memiliki tulang daun di tengahnya.

2/ Fungsi Utama

Dilihat dari fungsinya, daun pandan sebenarnya berguna untuk memberikan rasa tanpa efek memberikan warna. Walaupun bisa digunakan untuk memberikan warna dari ekstraknya, namun warna daun pandan cenderung pucat dan kurang menarik.

Daun suji lebih berguna untuk memberikan warna hijau yang pekat dan kuat tanpa memberikan rasa tambahan. Jika ingin membuat es pisang ijo, ENDEUSiast bisa menggunakan daun suji, sedangkan rasanya bisa digunakan gula.

3/ Fungsi Dalam Masakan

Daun pandan memiliki rasa yang lembut dengan aroma yang harum, sehingga daun pandan seringkali digunakan dalam pembuatan bubur manis dan aneka minuman tradisional seperti Bika Ambon Pandan , Putu Ayu , Kue Dadar Pandan . Selain itu, daun pandan juga sering digunakan untuk mempercantik tampilan makanan dengan memotongnya menjadi serong.

Sedangkan daun suji lebih sering digunakan sebagai pewarna alami untuk membuat aneka jajanan pasar atau kue tradisional

Nah itulah perbedaan dari daun suji dan daun pandan yang sebaiknya anda tahu. Untuk menentukan daun apakah yang sebaiknya digunakan? ENDEUSiast bisa menentukan tujuanmu apakah ingin memberi rasa atau memberi warna. ENDEUSiast pun tak akan kebingungan menentukan daun apa yang akan digunakan nantinya.

Endeustorial

Ikuti Instagram