Es pisang ijo merupakan hidangan khas kota Makassar yang banyak disukai. Penasaran pisang jenis apa saja yang cocok untuk digunakan di sajian ini?

Siapapun tak bisa menolak kelezatan es pisang ijo. Penganan khas Makassar ini dibuat menggunakan pisang sebagai bahan utama yang dibalut dengan kulit berbahan dasar tepung. Tambahkan kuah yang berbahan dasar santan.

Penggunaan pisang sendiri merupakan hal yang wajib tersedia. Ada beragam jenis pisang yang dapat digunakan, namun sebelumnya simak dulu yuk beragam jenis pisang.

1/ Pisang Ambon

Pisang ambon sendiri adalah salah satu jenis pisang yang segar. Ciri khas pisang ambon adalah kulitnya yang tidak tebal dengan warna kuning muda dan ukuran yang besar. Pisang ambon sendiri memiliki tekstur yang tidak lembek dan keras, namun pulen. Pisang ambon juga memiliki aroma yang harum. Cocok jika ingin digunakan menjadi bahan pembuatan es pisang ijo.

2/ Pisang Tanduk

Mengapa dinamakan pisang tanduk? Karena pisang ini memiliki bentuk panjang melengkung yang menyerupai tanduk. Pisang tanduk memiliki daging yang cukup keras, sehingga kurang cocok dikonsumsi langsung. Inilah yang membuat pisang tanduk cocok diolah menjadi es pisang ijo.

3/ Pisang Raja

Pisang raja sangat mudah ditemukan di warung. Memiliki bentuk yang ramping dengan kulit tak terlalu tebal, pisang raja memiliki daging buah yang tebal dan padat, namun empuk. Jadi cocok untuk disantap begitu saja atau diolah menjadi penganan tradisional seperti es pisang ijo ini.

4/ Pisang Kepok

Sangat mudah mengenali pisang kepok dengan bentuk persegi, melebar, pendek, dan pipih. Ada dua jenis pisang kepok yan bisa ditemukan yakni pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Pisang kepok kuning lah yang seringkali diolah menjadi penganan khas, sedanggkan pisang kepok putih memiliki tektur yang keras, sehingga hanya sering digunakan sebagai pakan burung.

5/ Pisang Nangka

Jika bertanya apa jenis pisang yang cukup unik, maka pisang nagka lah jawabannya. Mengapa? Karena walaupun sudah matang warnanya akan tetap hijau lo. Diluar hijau, namun bagian buahnya berwarna kuning kemerahan dengan tektur daging yang tidak terlalu lembut, sehingga pisang nangka memang harus diolah dahulu sebelum dikonsumsi. Coba saja membuatnya menjadi es pisang ijo.

6/ Pisang Susu

Ingin membuat es pisang ijo yang mini? Bisa gunakan pisang susu untuk membuatnya. Dengan bentuk yang bulat tanpa siku dan kulit yang tipis, pisang susu sangat lezat jika dikonsumsi langsung sebagai hidangan pencuci mulut, namun ada juga yang mengolah pisang susu menjadi penganan khas. Mengapa tidak mencobanya untuk membuat es pisang ijo?

Itulah beberapa jenis pisang yang seringkali dolah menjadi penganan khas, terutaama es pisang ijo. Jangan takut untuk berkreasi dnegan resep. Selain membuat es pisang ijo, banyak juga olahan pisang yang dapat dibuat, seperti Keripik Pisang dan Pisang Rai

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.