Membuat Bumbu Soto Kaldu Ayam Yang Tidak Amis
Membuat Bumbu Soto Kaldu Ayam Yang Tidak Amis

Banyak bumbu soto instan yang dijual di pasaran. Meskipun lebih mudah, terkadang lebih baik membuatnya sendiri di rumah karena bisa sesuai selera.

Kini sudah banyak sekali bumbu instan yang dijual di pasaran tidak terkecuali untuk bumbu soto. Kaldu ayam. Membeli produk instan memang lebih praktis dan cepat tetapi kita tidak pernah tau kandungan apa saja yang ada dalam produk tersebut. Maka ada baiknya untuk membuat bumbu soto kuah kaldu ayam sendiri di rumah. Kita dapat terhindar dari bahan penggunaan bahan pengawet dan tentunya lebih sehat dan higienis bila dibanding produk kemasan. Membuat bumbu soto kuah kaldu ayam tidak sesulit yang dibayangkan kok. Mau tau caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1/ Menggunakan Potongan Daging Ayam

Untuk menghasilkan kuah kaldu soto ayam yang lezat caranya adalah dengan menentukan potongan daging ayam yang akan direbus. Ada bagian daging ayam yang bisa memberikan kelezatan pada kaldu diantaranya adalah bagian dada.

Pada bagian ini citra rasa kaldu soto akan lebih intens, sedangkan bila menggunakan bagian paha atau sayap maka akan menghasilkan citra rasa yang seimbang dan bobot kuahnya lebih intens. Pilihlah ayam yang masih ada tulangnya, bukan ayam fillet agar kuah kaldu soto ayamnya lebih terasa dan tidak hambar.

2/ Menyiapkan Bumbu Aromatik

Sembari merebus ayam hingga mendidih, ENDEUSiast bisa menyiapkan bumbu aromatik seperti daun seledri, daun jeruk, daun bawang, bawang bombay, serai dan jahe. Tujuan penggunaan bahan aromatik tersebut adalah untuk menghilangkan bau amis pada kuah serta membuat aroma kuah lebih harum dan rasanya gurih.

3/ Hilangkan Kotoran pada Air Rebusan Ayam

Ketika rebusan ayam sudah mendidih biasanya akan muncul kotoran di permukaan. Bila terdapat kotoran, maka segera angkat kotoran tersebut hingga permukaan air rebusan ayam bersih. Kemudian, angkat ayam tersebut dan tiriskan. Rebus kembali ayam menggunakan air panas baru lalu masukkan bahan aromatik yang sudah disiapkan tadi. Rebus hingga mendidih dan matang serta sesekali mencicipinya untuk mengkoreksi rasa dari kuah soto kaldu ayam tersebut.

Tambahkan bumbu lainnya seperti lada agar lebih lezat dan terasa sedikit pedas. Bumbu kuah soto kaldu ayam pun siap disajikan dengan isian soto lainnya. Untuk isiannya bisa ENDEUSiast kreasikan sendiri sesuai selera.

Umumnya, soto menggunakan ayam dan tauge atau ENDEUSiast bisa menambahkan bahan lainnya seperti daging atau telur sehingga menjadi sajian soto bandung . Bagaimana menurutmu? Tidak susah kan dalam mengolah bumbu soto kaldu ayam. Cara diatas bisa ENDEUSiast tiru dengan mudah dan jadikanlah sebagai santapan sore yang menyegarkan bersama keluarga tercinta.

Endeustorial

Ikuti Instagram