Membuat Bumbu Bakmi untuk Disimpan
Membuat Bumbu Bakmi untuk Disimpan

Membuat bakmi di rumah memang lebih enak karena bisa disantap kapanpun. Kita bisa membuat bumbu bakmi yang bisa disimpan untuk digunakan nanti-nanti

Membuat bakmi sebenarnya sangat praktis. Cocok dihidangkan untuk siapa saja dan kapan saja, bisa untuk makan siang maupun makan malam. Bagi ENDEUSiast yang cukup sibuk dengan aktivitas diluar rumah pasti tidak punya banyak waktu untuk memasak, maka lebih baik untuk membuat bumbu yang bisa disimpan dan dipakai sewaktu-waktu bila hendak memasak.

Bila ENDEUSiast ingin membuat bumbu bakmi yang bisa disimpan, berikut beberapa tips dan rahasia stock bumbu bakmi yang bisa ENDEUSiast coba.

1/ Siapkan Bumbu Putih dan Merah

Di Indonesia, memiliki 3 kategori bumbu untuk setiap masakan diantaranya adalah bumbu putih. bumbu merah dan bumbu kuning. Bumbu kuning biasanya digunakan untuk makanan berkuah kental seperti soto kudus .

Nah, bagi ENDEUSiast yang hendak membuat bumbu bakmi agar bisa disimpan maka gunakan bumbu putih. kenapa disebut bumbu putih? karena hampir semua bahan yang digunakan berwarna putih seperti bawang putih, ebi dan kemiri. ENDEUSiast juga bisa menambahkan kaldu bubuk dan terasi bila suka. Terasi akan lebih lezat bila dibakar terlebih dahulu. Untuk bumbu merahnya, gunakan cabai rawit merah agar menghasilkan rasa bakmi yang pedas.

2/ Haluskan Bumbu

Tips selanjutnya adalah menghaluskan semua bumbu putih dan merah. Campurkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan hingga bumbu tercampur dengan sempurna. Jangan lupa untuk menambahkan air agar proses penghalusan tidak macet dan lebih cepat halus.

3/ Tumis Bumbu

Jika bumbu putih dan merah telah tercampur maka saatnya ENDEUSiast untuk menumisnya. Siapkan wajan yang telah berisi minyak panas dengan api sedang. Jangan terlalu besar nanti akan membuat bumbu cepat gosong. Warnanya pun akan berubah menjadi tidak menarik serta tercium aroma gosong. ENDEUSiast bisa mematikan api bila sudah melihat bahwa bumbunya sudah mulai berminyak dan kental.

4/ Simpan di Wadah Bersih

Setelah selesai menumis, kini saatnya untuk memasukkannya ke dalam wadah bersih dan kering. Lap dahulu sebelum bumbu dimasukkan. Untuk tingkat tahan lama dari bumbu bakmi tergantung dari cara ENDEUSiast menyimpannya. Bila sering memasak bakmi, maka tidak apa-apa bila diletakkan di suhu ruangan. Namun untuk yang jarang memasak bakmi, lebih baik disimpan dalam lemari es karena bumbu bisa bertahan hingga lebih dari 1 minggu.

Nah, bumbu halus untuk bakmi pun sudah jadi. ENDEUSiast bisa memasaknya kapan saja tanpa harus repot-repot membuat bumbu terlebih dahulu. Jika cara ini dianggap membantu, maka cobalah membuatnya di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram