Bakso merupakan makanan favorit setiap orang. Nah, bagaimana jika kita membuatnya sendiri di rumah? Berani menerima tantangannya?

Apa hidangan favorit sejuta umat? Bakso adalah salah satu jawabanya. Bola daging yang dibuat dari campuran daging sapi dan tepung ini memang menjadi favorit banyak orang, terlebih di musim hujan. Bakso akan menjadi santapan untuk menghangatkan tubuh yang dingin. Sayangnya, hidangan bakso menjadi ternoda berkat oknum yang membuat bakso bukan dari daging sapi asli.

Penggemar bakso tentu merasa cemas dan jika begini mengapa kita tidak mencoba berkreasi membuat bakso sendiri di rumah. Tentu bahannya akan lebih fresh, dan rasanya akan jauh lebih enak. Tapi perhatikan trik di bawah ini ya.

1/ Daging Berkualitas

Bakso yang enak tentu dihasilkan dari daging yang berkualitas. Buatlah bakso menggunakan daging sapi yang segar dan hindari menggunakan daging frozen atau beku, karena akan berpengaruh terhadap rasa bakso.gunakan bagian dengan sedikit lemak tanpa urat.

2/ Menghaluskan Daging Sapi

Saat menghaluskan daging sapi, ENDEUSiast harus memastikan daging sapi telah benar-benar hancur dan adonan telah benar-benar halus seperti bubur atau pasta. Gunakan food processor untuk membantu menghaluskan daging. Jangan lupa tambahkan es batu untuk membantu mengikat serat daging agar bakso kenyal.

3/ Menambahkan Baking Powder dan Baking Soda

Untuk menghasilkan bakso kenyal dan elastis, bisa ditambahkan baking soda dan baking powder yang berguna untuk menaikkan PH adonan sehingga menghasilkan bakso kenyal dan elastis. ENDEUSiast juga bisa menambahkan putih telur agar adonan bakso lebih elastis.

4/ Membentuk Bakso Bulat dengan Permukaan Halus

Terkadang kalau membuat bakso sendiri di rumah pasti hasilnya tidak sebagus seperti yang dijual di pasaran. Membentuk bakso bisa dengan dua cara, pertama bentuk adonan bakso di kepalan tanganmu dan menekannya hingga adonan keluar dari sela telunjuk dan ibu jari, lalu gunakan sendok untuk memasukkannya ke air mendidih. Cara kedua, ENDEUSiast bisa menggunakan dua sendok yang sudah dibasahi air untuk membentuk adonan menjadi bulat.

5/ Mencelupkan Bakso yang Telah Matang ke Air Es

Jika bakso yang telah ENDEUSiast rebus selama kurang lebih lima menit di dalam air mendidih sudah matang, ENDEUSiast bisa memasukkan bakso tersebut ke dalam air es. Hal ini diperlukan untuk menghentikan proses pematangan dari si bakso sehingga tidak jadi terlalu lembek.

Nah, itu dia tips dan trik dalam membuat bakso di rumah. Ternyata cukup mudah, kan? Jadi sekarang tak perlu was-was dalam membeli bakso karena ENDEUSiast sudah bisa membuatnya sendiri. Coba juga Kreasi Bakso Lainnya yang bisa langsung dieksekusi di dapur. Selamat mencoba, ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.