Ayam bakar diolah dengan tepat akan menghasilkan hidangan yang lezat lirik tips sukses anti gagal karena ayamnya gosong.

Bahan masakan yang paling banyak dipilih oleh ibu di rumah adalah ayam. Alasannya adalah karena harganya lebih terjangkau bila dibanding dengan daging sapi. Selain itu ayam juga cocok diolah menjadi masakan apa saja. Bila ENDEUSiast bosan dengan masakan ayam yang hanya digoreng saja, bisa mengganti teknik memasaknya dengan cara dibakar.

Untuk membuat ayam bakar juga diperlukan langkah tepat agar bisa matang sempurna. Jika salah melakukannya, bisa-bisa ayam menjadi gosong atau bahkan bagian dalam dagingnya belum matang. Untuk menghindari hal seperti itu lebih baik kita simak membuat ayam bakar agar tidak gosong.

1/ Sebelum mulai diolah pastikan ayam telah dicuci bersih dan masih dalam keadaan segar. Ayam yang disimpan dalam freezer akan membeku sehingga membutuhkan waktu lama untuk bisa dibakar. Akibatnya pada bagian luar ayam sudah matang tetapi dalamnya belum. Bila dibiarkan terlalu lama dibakar tentunya akan membuat ayam menjadi gosong. Bila memiliki ayam beku, sebaiknya disimpan semalam di bagian lemari pendingin atau chiller . Saat suhu daging ayam mulai normal kita baru bisa mengolahnya.

2/ Sebelum dibakar, ayam diungkep terlebih dahulu menggunakan bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan ke dalam panci untuk diungkep. Gunakan api kecil dan biarkan selama 45 menit untuk ayam negeri sedangkan ayam kampung membutuhkan waktu yang agak lama yaitu sekitar 1 jam. Cara yang satu ini dilakukan untuk membuat bumbu ayam meresap hingga ke dagingnya.

3/ Ketika sudah mulai proses pembakaran ENDEUSiast tidak perlu membakar ayam terlalu lama. Ciri ayam bakar yang sudah matang adalah warnanya berubah menjadi kecoklatan. Tapi pastikan juga bahwa bagian dalam daging sudah matang. Sekalipun tadi sudah diungkep dengan menggunakan bumbu, ENDEUSiast masih bisa menambahkan bahan lainnya seperti mentega dan kecap sehingga menjadi ayam bakar kecap . Pemberian kecapnya secukupnya saja, bila terlalu banyak nanti justru bisa membuat ayam gosong.

4/ Bila ENDEUSiast menggunakan kompor maka gunakan api sedang ketika membakar ayam. Hindari menggunakan api besar karena justru akan membuat ayam gosong tetapi matangnya tidak merata. Untuk yang masih memakai arang, usahakan memberikan jarak antara ayam dengan arang. Bila diletakkan terlalu dekat dengan arang panas bisa membuat ayam cepat gosong. Jika ingin mendapatkan hasil ayam bakar yang matang sempurna, ENDEUSiast bisa menggunakan panggangan listrik atau oven.

Ayam bakar bisa menjadi pilihan menu makan malam bersama keluarga yang sederhana namun lezat. Pastikan untuk memperhatikan tips yang sudah diberikan di atas agar bisa mendapatkan ayam bakar yang tidak gosong dengan rasa yang lezat. Selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.