Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Pernah mencoba steik wajan? Ternyata, selain dipanggang menggunakan grill, steik bisa diolah menggunakan wajan rumahan. Simak yuk!

Memasak steik sering diasosiasikan dengan panggangan, grill, atau hot plate. Namun ternyata, untuk steik, ada berbagai cara untuk memasak dan menciptakan rasa dan bahkan tekstur yang berbeda. Salah satunya menggunakan wajan.

Pada dasarnya steik merupakan daging panggang yang kemudian diberikan saus. Maka dari itu, kegiatan memanggang ini tidak terbatas menggunakan alat grill atau teflon saja, namun menggunakan wajan cekung pun dapat dilakukan. steik satu ini menggunakan sedikit minyak seperti menumis ala masakan chinese.

Untuk caranya, ikuti step dibawah ini ya!

1/ Siapkan Bahan

Beli daging steik yang cukup porsinya, biasanya daging steik sudah dipotong dalam ukuran dan berat yang seragam. Tinggal pilih bagian apa yang diinginkan, has luar ( sirloin ) atau has dalam (tenderloin). Istilah bagian ini umum pada daging potong sapi, domba, kambing, maupun babi.

Jangan lupa membeli bumbu-bumbunya yang ingin dibuat. Ada dua macam bumbu sebaiknya disiapkan yaitu bumbu rendam (marinasi) dan bumbu untuk saus. Di pasaran bumbu rendam dan saus siap pakai sudah tersedia di pasaran. Ini sangat cocok untuk pemula di dapur. Tentu berbeda bila kita punya racikan bumbu sendiri, dan lebih bebas untuk memodifikasikannya.

Iris steik ENDEUSiast menjadi irisan tipis seukuran gigitan. Setelahnya, rendam daging steik dalam bumbu favorit ENDEUSiast. Misalnya, dengan garam merica, atau campuran dari buah dengan rempah, lalu simpan dalam lemari pendingin. Keluarkan daging, tunggu selama 10 menit sebelum dimasak dalam wadah yang tertutup. Cara dilakukan agar dagingnya mencapai suhu ruangan.

2/ Minyak Bertitik Asap Tinggi

Setelah bahan disiapkan, panaskan wajan selama 3 menit tanpa minyak. Suhu wajan harus sangat panas, tujuannya agar permukaan daging yang diolah cepat menutup dan menjaga juice daging di dalam serat steik. Tuangkan 1 hingga 2 sdm minyak sesaat sebelum meletakkan daging steik.

Sebaiknya gunakan minyak dengan titik asap tinggi yang dapat membuat daging matang di luar dan juicy di dalam. Contohnya minyak safflower, minyak sawit, minyak kelapa, atau minyak kacang. Minyak dengan titik asap lebih rendah, seperti minyak zaitun, lebih cepat ‘hangus’ dan berasap.

3/ Masak Sebentar

Masak steik hanya selama 2 hingga 3 menit saja. steik bisa cepat matang dalam wajan dan menjadi keras. Sesuaikan waktu sesuai kebutuhan, tergantung seberapa panas wajan ENDEUSiast, ukuran potongan steik dan tingkat kematangan yang diinginkan.

Sembari steik dimasak, sayuran pelengkap bisa ditambahkan seperti buncis, sawi, dan sebagainya. Rebus sayur sebentar dalam air mendidih hingga berubah warna. Setelah matang, steik masak wajan tinggal dihidangkan.

Mudah bukan? Steik ini tidak perlu ditambah saus seperti steik salisbury karena sudah dimarinasi dengan saus di awal. Jadi ini akan menghemat waktu karena tidak perlu menggunakan alat masak lain untuk membuat saus. Cukup gunakan wajan datar dan steik sudah jadi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.