Memasak semur daging yang empuk memerlukan pemilihan jenis daging yang tepat. Ini beberapa pilihan jenis daging yang bisa ENDEUSiast pilih.

Jika ditanya, “Apa yang diharapkan saat memasak daging?” tentu semuanya akan berharap daging memiliki tekstur yang empuk tanpa kesulitan dimakan. Inilah yang membuat banyak orang enggan memasak daging, karena sebelum diolah daging memang harus diempukkan dahulu dengan beragam cara agar empuk dan lebih nikmat kala disantap. Proses pengempukkan daging inilah yang memakan waktu cukup lama, sehingga banyak yang enggan mengolah daging ini karena tak memiliki waktu yang cukup di dapur.

Mengapa daging tidak bisa empuk? Sebenarnya masalahnya sederhana, yakni kita kurang jeli dalam memilih bagian daging sapi yang tepat untuk masakan. Mungkin semua daging sapi ini nampak sama, namun sebenarnya ada beberapa bagian daging yang bisa empuk saat diolah. Apa saja bagian daging tersebut? simak yuk

Has Dalam (Tenderloin)

Pernahkah ENDEUSiast mendengar jenis daging ini? Jika ENDEUSiast pecinta steak tentu ENDEUSiast tak akan asing dengan istilah ini. dibandingkan bagian lainnya, tenderloin adalah salah satu daging yang empuk. Inilah yang membuat harga tenderloin sedikit lebih mahal jika dibandingkan bagian lainnya. Dengan lemak yang cenderung sedikit, tak bertulang dan berserat tenderloin lebih mudah dipotong. Namun, tenderloin akan cepat hancur jika cepat dimasak, sehingga seringkali diolah menjadi Empal Daging Sapi , Semur Daging , dan masakan lainnya

Rib Eye

Rib Eye seringkali dibandingkan dengan iga. Jika pada iga biasanya kita hanya menemukan sedikit daging yang menempel pada tulang rusuk, namun rib eye adalah bagian daging sapi yang menempel di sekitar tulang iga. Teksturnya empuk dengan jaringan lemak membuat rib eye ini terasa lezat dan meleleh saat dipanggang maupun dibakar. Penjual daging biasanya menjual rib eye ini dengan tulang maupun tanpa tulang. Sayangnya rib eye juga dibanderol dengan harga cukup mahal, sehingga kurang cocok jika rib eye ini dikonsumsi secara harian.

Has Luar (Sirloin)

Ada has dalam, maka ada juga daging has luar yakni sirloin. Mengapa sirloin? Karena ia memiliki daging yang lebih tebal walaupun teksturnya tak seempuk tenderloin. Sirloin juga memiliki lemak pada bagian pinggiran yang membuat rasa sirloin akan lebih lezat, namun seratnya yang banyak membuat sirloin harus direbus dahulu agar tekstur dagingnya benar-benar empuk dan siap dikonsumsi. Biasanya pemilik restoran akan merebus sirloin bersama bumbu rempah agar rasa daging lebih lezat.

Itulah beberapa macam daging yang harus ENDEUSiast tahu sebelum mengolah semur. Dengan mengetahui bagian daging yang tepat,maka rasa semur akan semakin lezat. Biasanya supermarket besar telah memisahkan bagian-bagian ini, sehingga tak perlu repot dan bingung dalam memilihnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.